UKM Solo kebanjiran order kemeja Jokowi-Ahok

Sabtu, 14 April 2012 - 13:50 WIB
UKM Solo kebanjiran order kemeja Jokowi-Ahok
UKM Solo kebanjiran order kemeja Jokowi-Ahok
A A A
Sindonews.com - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Solo mendapatkan berkah dari pencalonan pasangan Jokowi-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang maju pada Pilkada DKI Jakarta. Pasalnya pasangan tersebut mempercayakan pembuatan 90.000 kemeja atau hem kotak-kotak yang selama ini digunakan oleh sejumlah UMKM di Solo dan Jakarta.

Salah satu UMKM yang menerima order dari Jokowi tersebut adalah Arjuna tailor yang beralamat di Nayu barat, nusukan Solo. Pemilik Arjuna Tailor, Suparto, (51) ketika ditemui mengakui dihubungi langsung Jokowi untuk menerima orderan membuat 1.000 kemeja.

"Saya padahal sudah menangkap peluang untuk mengiklankan pembuatan hem kotak kotal ala pak Jokowi, malah dihubungi beliau untuk order," kata Suparto, di Solo, Sabtu (14/4/2012).

Karena membengkaknya pemesanan, akibatnya Suparto harus menambah jumlah penjahit dari 20 orang menjadi 50 orang per harinya. Ia menambahkan mereka berasal dari warga sekitar dan siswa SMK yang tengah mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Menurut Suparto, nantinya kemeja kotak-kotak ala Jokowi tersebut dijual seharga Rp100.000 per pcs di Jakarta, sementara Arjuna tailor tetap menerima pemesanan secara perorangan.

"Sehari ini saja yang mesan sudah lebih dari 15 orang, nah sehari saya bisa menggerakkan lebih dari 50 orang untuk tenaga penjahit dan lain-lainnya," ujarnya yang sudah menjalankan usahanya selama 30 tahun terakhir.

Berdasarkan pengamatan desain dan warna kemeja kotak-kotak yang diproduksi UKM Solo sedikit berbeda dengan kemeja yang selama ini digunakan Jokowi-Ahok pada saat mendaftar di kantor KPUD DKI. Perbedaan terdapat pada variasi di bagian pundak,lengan dan warna.

Kedepannya kemeja atau hem kotak-kotak buatan UKM solo akan dijual diratusan gerai maupun melalui online shop. "Ini kebalikannya mas, masyarakat atau simpatisan yang mengeluarkan uangnya untuk pendanaan jagoannya, ini luar biasa," pungkas Suparto. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7669 seconds (0.1#10.140)