KAI-Telkom bersinergi tingkatkan pelayanan

Rabu, 18 April 2012 - 08:56 WIB
KAI-Telkom bersinergi tingkatkan pelayanan
KAI-Telkom bersinergi tingkatkan pelayanan
A A A


Sindonews.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menjalin sinergi melalui penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding) di Jakarta.

Langkah ini akan semakin mengukuhkan kerja sama di antara kedua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut dan meningkatkan value masing-masing perusahaan. MoU ditandatangani oleh Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah serta Direktur Utama KAI Ignasius Jonan.

Ruang lingkup nota kesepahaman meliputi penggunaan beragam layanan teknologi informasi dan komunikasi seperti pembangunan data centre dan data recovery centre, eticketing, e-payment, call centre, e-health, solusi machine 2 machine dan vending machine, TELKOM Solution berbasis: infrastructure as a service (IaaS), platform as a service (PaaS), software as a service (SaaS), serta teknologi cloud computing.

“Kesinambungan sinergi antara pelaku usaha transportasi, dalam hal ini KAI,serta pelaku usaha jasa telekomunikasi dan informasi, dalam hal ini Telkom, perlu terus ditingkatkan untuk semakin mengokohkan peran kedua perusahaan,” ujar Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah dalam siaran persnya, kemarin.

Kerja sama Telkom dan KAI tersebut,menurut Rinaldi,merupakan bukti nyata sinergi antara dua BUMN besar di Indonesia. Sinergi ini diharapkan akan memberikan dampak positif terhadap valuemaupun kegiatan operasional kedua belah pihak. “Ke depannya diharapkan akan memicu munculnya sinergi-sinergi BUMN yang lain,” katanya.

Direktur Utama KAI, Ignasius Jonan mengatakan, dengan ditandatanganinya MoU tersebut, semakin terbuka peluang bagi KAI dan Telkom meningkatkan sinergi.

“Pengalaman dan kekuatan Telkom dalam mengelola layanan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi akan sangat bermanfaat untuk mengembangkan bisnis transportasi yang dikelola KAI serta meningkatkan kepuasan penumpang,” kata Jonan.

Salah satu strategi KAI untuk meningkatkan pendapatannya selain mendatangkan 20 lokomotif baru dari General Electric USA adalah peningkatan sistem teknologi informasi dengan mengembangkan sistem ticketing yang setara dengan sistem ticketing perusahaan penerbangan.

Menurut Jonan, Telkom dan KAI telah merintis sinergi melalui penandatanganan MoU di Kementerian BUMN pada 23 Februari 2010. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5805 seconds (0.1#10.140)