ITB kehilangan sosok guru besar yang disegani

Minggu, 22 April 2012 - 09:15 WIB
ITB kehilangan sosok...
ITB kehilangan sosok guru besar yang disegani
A A A
Sindonews.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) berduka dengan meninggalnya Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Widjajono Partowidagdo dalam pendakian di Gunung Tambora, NTB, Sabtu 21 April 2012 kemarin. Hal ini merupakan duka bagi civitas akademika ITB.

"Kami sampaikan belasungkawa dan kami sangat kehilangan seorang guru besar," kata Rektor ITB Akhmaloka, kepada wartawan, seperti dihubungi via telepon Sabtu 21 April 2012 malam tadi.

Dia menambahkan, bahwa almarhum Widjajono merupakan alumni ITB, yakni lulusan Fakultas Teknologi Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB angkatan 1970. Beda 10 tahun dengan Akhmaloka yang angkatan 1980. "Beliau senior saya yang hebat," jelasnya.

Selanjutnya, Widjajono berkarir sebagai dosen ITB. Dedikasinya sangat tinggi untuk almamaternya itu. Hingga dia menjadi sosok guru besar yang sangat baik dan disegani di lingkungan ITB.

Bahkan semasa hidupnya maupun hingga menjabat sebagai Wamen ESDM, almarhum tidak melupakan kampus berlambang patung Dewa Ganesha itu. Widjajono, tutur Akhmaloka, mengunjungi ITB bisa sampai dua atau tiga minggu sekali.

Lanjut rektor kelahiran Cirebon ini, menyampaikan dirinya secara pribadi memang tidak kenal dekat dengan Wamen ESDM. Namun sebagai alumni, Wamen peduli dan perhatian pada ITB. Almarhum selalu memberi masukan kepada ITB, khususnya terkait energi. "Beliau adalah seorang ahli yang sangat menguasai bidang pertambangan dan perminyakan," terangnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0446 seconds (0.1#10.140)