Penerimaan sektor migas dioptimalkan

Kamis, 26 April 2012 - 17:33 WIB
Penerimaan sektor migas dioptimalkan
Penerimaan sektor migas dioptimalkan
A A A
Sindonews.com - Pemerintah akan mengoptimalisasikan sumber-sumber penerimaan negara khususnya dari penerimaan Sumber Daya Alam (SDA) dalam hal ini minyak dan gas (Migas). Hal tersebut merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah guna menjaga kesehatan dan ketahanan fiskal Indonesia pada tahun ini.

"Ini semua upaya kita untuk menjaga kesehatan fiskal," ujar Menteri Keuangan Agus Martowardojo ketika ditemui di hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (26/4/2012).

Salah satu yang dapat dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan memaksimalkan penerimaan pajak migas seiring dengan tingginya harga minyak Indonesia (ICP) saat ini.

"Kalo harga ICP yang diasumsikan USD105 tetapi sekarang ada di USD119 kan, maka harus ada optimalisasi. Hal tersebut artinya pph migas meningkat dan nanti unsur-unsur seperti itu juga akan di maksimalkan," jelasnya.

Selain itu menurutnya, pemerintah dapat memastikan pelaksanaan cost recovery dapat dilaksanakan dengan baik. Sehingga dapat mengurangi kebocoran-kebocoran yang terjadi.

"Itu juga menjaga penerimaan, yang lain adalah peningkatan SDA dan penerimaan dari SDA dalam hal ini mineral atau migas itu juga akan dioptimalkan," tandasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5709 seconds (0.1#10.140)