Jelang IPO, Facebook gelar roadshow

Kamis, 03 Mei 2012 - 10:02 WIB
Jelang IPO, Facebook gelar roadshow
Jelang IPO, Facebook gelar roadshow
A A A
Sindonews.com – Situs jejaring sosial Facebook diperkirakan melantai di bursa Wall Street, New York, pada 18 Mei mendatang. Untuk mematangkan initial public offering (IPO) bernilai miliar dolar itu, Facebook akan melakukan roadshow mulai Senin pekan depan.

Reuters mengutip sumber yang dekat dengan perusahaan yang mengatakan, Chief Executive Officer (CEO) Facebook Mark Zuckerberg juga akan terlibat dalam roadshow tersebut.

Beberapa pialang saham di Wall Street sebelumnya tidak mengira Zuckerberg akan datang pada roadshow setelah dia melewatkan pertemuan analis pada Maret. Saat itu dia hanya diwakili oleh Chief Operating Officer (COO) Sheryl Sandberg dan Chief Financial Officer (CFO) Facebook David Ebersman.

Absennya Zuckerberg bahkan dikabarkan membuat kesal beberapa investor. Menanggapi hal itu, Facebook menolak untuk berkomentar. Roadshow IPO Facebook ditujukan agar perusahaan bisa menyajikan strategi untuk calon investor. Biasanya, acara seperti itu akan berlangsung satu hingga dua pekan. Sebelumnya situs jejaring sosial tersebut menargetkan dapat meraup dana setidaknya USD5 miliar.

Perusahaan yang didirikan pada 2004 tersebut masih menarik minat investor meskipun kinerja kuartal I/2012 menurun akibat banyaknya pengeluaran operasional menjelang IPO.Pada periode Januari–Maret 2012, laba Facebook turun 12 persen menjadi USD205 juta dibandingkan periode yang sama 2011. Dalam beberapa pekan terakhir, aksi korporasi Facebook terbilang berani. Salah satunya ketika mengakuisisi saham pengembang aplikasi berbagi foto Instagram senilai USD1 miliar.

Langkah tersebut cukup mengejutkan karena Instagram merupakan perusahaan yang relatif baru di bisnis start-up. Pekan lalu Facebook juga mengumumkan pembelian paten dari produsen software Microsoft Inc senilai USD550 juta.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1484 seconds (0.1#10.140)