Bakso aneka isi, variasi kuliner menangkan persaingan

Kamis, 03 Mei 2012 - 17:47 WIB
Bakso aneka isi, variasi...
Bakso aneka isi, variasi kuliner menangkan persaingan
A A A
Sindonews.com - Siapa yang tidak kenal dengan makanan bakso? Pasti sudah kenal semua. Ya, makanan yang terbuat dari daging Sapi yang berbentuk bulat seperti bola ping pong itu sudah sangat akrab dengan lidah orang Indonesia.

Namun, selama ini bakso hanya berisi urat atau daging biasa, akan tetapi di Kedai Bakso Mania yang beralamat di Jalan Singosari Raya 4A Kota Semarang ini berbeda. Baksonya diisi dengan keju, telur, sosis, goreng, brokoli dan chili yang diolah dengan jaminan kesehatan yang higienis. Dengan ditambah kuah kaldu sapi yang kuat, Bakso Mania menjadi pilihan makanan untuk makan siang maupun malam.

Sang pemilik kedai, Dianzha Yudha (28), sengaja berinovasi dengan berbagai isi bakso tersebut lantaran keinginanya untuk mampu bersaing dengan penjual bakso-bakso yang sudah ada. ”Biasanya bakso isinya ya itu-itu saja, jadi saya ingin membuat lain, sehingga tetap bisa bersaing dengan penjual bakso lain,” katanya.

Untuk bisa membuat bakso berbagai varian itu, laki-laki yang akrab disapa Rega ini, harus bereksperimen selama satu tahun untuk bisa mendapatkan cita rasa dan macam-macam jenis bakso.

Berbekal ilmu peternakan dan kualitas daging yang didapatnya semasa kuliah, dia mendapatkan cara untuk membuat bakso daging sapi yang kenyal secara alami.

Untuk mendapatkan daging sapi yang bagus untuk membuat bakso ialah gandik, atau bagian paha belakang sapi terluar yang memiliki kandungan lemak yang rendah. ”Daging gandik ini sangat kenyal dan lemaknya cukup rendah,” kata lulusan Fakulatas Peternakan Undip ini.

Setelah mendapatkan daging yang cocok, diapun kemudian mencoba mengkombinasikan berbagai isian bakso supaya tidak sama dengan olah bakso yang sudah ada.

“Supaya lain dari yang lain kita isi dengan keju, sosis, Chili, sayuran, dan ternyata rasanya tetap enak bahkan lebih enak,” imbuh sang istri Angadyani Sihprawerti (29), yang juga turut mengolah bahan.

Tidak cukup sampai disitu, Dianzha Yudha dan istrinya terus melakukan eksperimen-eksperimen isi bakso guna memanjakan lidah pecinta bakso di Kota Semarang. Dan saat meraka sudah berinovasi dengan bakso isi iga dan bakso bakar.

Dengan berbagai varian bakso isi yang disajikan dengan citarasa yang berbeda, Kedai Bakso Mania ini pun menjadi jujukan banyak orang. Tidak perlu khawatir dengan harga karena cukup dengan Rp8.500 sampai Rp15.000, sudah bisa menikmati bakso kaya citarasa ini.

Salah seorang pelanggan Feri Nugroho, mengaku semenjak Bakso Mania dibuka beberapa waktu lalu dirinya kerap datang bersama dengan pacarnya untuk menikmati bakso.

Favoritnya, adalah bakso isi sumsum dan isi keju. ”Saya suka isi keju, karena waktu dimakan kejunya langsung lumer di mulut,” ujar warga Tandang, Tembalang ini.

Dia mengaku, selain tanpa bahan pengawet, keunggulan lain adalah kekenyalan dan kombinasi varian isinya yang memperkaya rasa.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9020 seconds (0.1#10.140)