ESDM: Sektor migas untungkan negara Rp24 T

Rabu, 09 Mei 2012 - 13:18 WIB
ESDM: Sektor migas untungkan negara Rp24 T
ESDM: Sektor migas untungkan negara Rp24 T
A A A
Sindonews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengatakan pemerintah akan menerima pendapatan yang cukup besar dari sektor migas. Salah satunya, berasal dari kontrak gas yang beberapa waktu lalu sudah ditandatangani.

"Sektor saya padat untuk mendapatkan pendapatan, kemarin ada penandatanganan kontrak gas, income hampir Rp6 triliun. Kita gencarkan," ujar Jero saat ditemui di Kantor Kemenko, Jakarta, Rabu (9/5/2012).

Selain itu, Jero mengatakan pendapatan besar juga akan diterima dari Permen No.7 ESDM tentang Bea Keluar (BK) ekspor tambang mineral. "Permen no 7 sudah jalan, bagi yang mau mengekspor 14 logam dikenakan persyaratan khusus yang berjumlah 5 persyaratan. Kena bea keluar 20 persen untuk jaga alam kita agar tidak terlalu masif mengambil logam dan best practices digalakkan dan disiapkan pengolahan dan pemurnian dilakukan," jelasnya.

Dia memastikan Rp18 triliun akan menjadi milik negara dari aturan tersebut. Sehingga kalau di total, sudah ada Rp24 triliun yang akan diraup dari sektor energi.

"Selain itu kita dapat income tambahan sekitar USD10 miliar nilai ekspornya, jika BK 20 persen hampir Rp18 triliun. Pendapatan kita cari celah-celahnya dan pengeluaran kita kurangi," pungkasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5179 seconds (0.1#10.140)