Pertamina pastikan pasokan kilang Balikpapan aman

Sabtu, 12 Mei 2012 - 15:07 WIB
Pertamina pastikan pasokan kilang Balikpapan aman
Pertamina pastikan pasokan kilang Balikpapan aman
A A A


Sindonews.com - PT Pertamina (persero) pastikan pasokan minyak di kilang Balikpapan berada dalam tahapan aman. Walaupun sebelumnya dikhawatirkan distribusi minyak itu terganggu setelah terjadi pembajakan tanker yang berisikan minyak untuk Pertamina di Somalia.

"Pertamina menegaskan bahwa pembajakan tanker yang memuat 950.000 barel minyak mentah Azeri dari Azerbaijan tersebut tidak akan mengganggu produksi kilang nasional secara keseluruhan maupun Kilang Balikpapan yang menjadi tujuan pengiriman," ungkap ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Mochamad Harun di Jakarta, Sabtu (11/5/2012).

Secara teknis, Harun menjelaskan bahwa Kilang Balikpapan telah memiliki sistem back up. Sehingga jika terjadi gangguan semacam ini, minyak yang dipasok ke beberapa daerah di indonesia tetap berjalan normal.

"Pertamina telah memiliki sistem back up pasokan yang memungkinkan kilang Balikpapan terus beroperasi secara normal," jelasnya.

Sebagai informasi, Kilang Balikpapan memiliki kapasitas produksi 260.000 barrel per hari, atau sekitar 25 persen dari kapasitas kilang di Indonesia yang 1.045 barrel per hari. Kilang Balikpapan antara lain menghasilkan premium, kerosene, automotive diesel oil (ADO), avtur, dan produk-produk lainnya.

Produk kilang Balikpapan antara lain untuk memenuhi kebutuhan Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara, dan Papua. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4837 seconds (0.1#10.140)