AS kucuri USD318 juta untuk energi terbarukan

Selasa, 15 Mei 2012 - 17:04 WIB
AS kucuri USD318 juta...
AS kucuri USD318 juta untuk energi terbarukan
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Amerika (AS) mengucurkan bantuan sebesar USD317,850 juta untuk pengembangan energi baru terbarukan. Tak hanya itu, bantuan sebesar itu juga digunakan untuk pengembangan energi ramah lingkungan di Indonesia.

Wakil Menteri Departemen Energi AS Phillys Yashida menyatakan, dari bantuan tersebut pihaknya belum menentukan jenis proyek apa saja yang hendak dikembangkan dalam soal energi baru terbarukan itu.

“Dialog energi antara AS dengan Indonesia akan dioptimalkan untuk merumuskan kebijakan yang nantinya bisa menguntungkan kedua belah pihak,” katanya saat acara The 4th Indonesia-US Energy Policy Dialogue di Sheraton Hotel, Surabaya, Selasa (15/5/2012).

Dia menambahkan, bantuan sebesar itu diantaranya untuk pengembangan energi baru terbarukan dan efisiensi energi sebesar USD1,2 juta. Kemudian untuk program peningkatan kemakmuran ramah lingkungan sebesar USD300 juta, ditambah lagi USD16 Juta untuk pengembangan energi ramah. Sedangkan untuk bantuan penasehat teknis bagi devisi energi baru terbarukan PLN sebesar USD650.000.

Lebih jauh ia menjelaskan, bantuan sebesar USD1,2 juta itu untuk proyek-proyek pengembangan energi terbarukan dan efisiensi. Misalnya, bantuan pengembangan kebijakan, pendanaan energi ramah lingkungan dan jaringan kerjasama. Sedangkan proyek efisiensi energi diantaranya diberikan untuk pengadaan pelatihan, penggunaan teknologi, standardisasi peralatan, standardisasi bangunan komersial, dan penguatan.

Untuk program energi ramah lingkungan juga difokuskan pada pengembangan energi bersih yang akan dilaksanakan selama tiga hingga empat tahun kedepan. “Untuk energi listrik, dalam hal ini PLN, investasi akan dialokasikan untuk memberikan bantuan teknis mengenai pengembangan energi baru terbarukan,” tandasnya. (ank)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0456 seconds (0.1#10.140)