Bank Mandiri bina UMKM tangguh

Selasa, 22 Mei 2012 - 11:41 WIB
Bank Mandiri bina UMKM tangguh
Bank Mandiri bina UMKM tangguh
A A A


Sindonews.com - Kantor Wilayah (Kanwil) II Bank Mandiri Palembang terus melakukan pembinaan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) secara berkelanjutan melalui program pelatihan wirausaha mandiri.

Langkah ini dilakukan untuk menciptakan pelaku usaha berjiwa entrepreneur yang mampu membuka lapangan pekerjaan baru bagi orang lain sekaligus berdaya saing tinggi.

“Ada 32 peserta mengikuti program pelatihan wirausaha mandiri. Mereka ini merupakan finalis wirausaha mandiri tahun 2007–2010 dari Palembang, Bangka Belitung, Padang, Jambi, dan Lampung. Peran Bank Mandiri dalam program ini bukan saja sebatas melakukan penyeleksian hingga penetapan pemenang, melainkan juga terus membina UMKM secara berkelanjutan,” kata Kepala Kantor Wilayah II Bank Mandiri Adang Joedianto dalam kegiatan basic training Wirausaha Muda Mandiri 2012 di Hotel Grand Zuri, Palembang, kemarin.

Menurut dia, wirausaha mandiri ini merupakan salah satu program strategis Bank Mandiri yang bertujuan mengajak masyarakat Indonesia sebagai pencipta lapangan kerja, sekaligus sebagai edukasi dan pendampingan bagi para pengusaha muda agar lebih cepat tumbuh dan berkembang.

Program wirausaha mandiri ini merupakan bagian dari peran dan Bank Mandiri dalam peningkatan ekonomi riil melalui sektor UMKM yang menjadi pilar penggerak perekonomian bangsa.

“Majunya sebuah negara itu tergantung dari seberapa besar porsi wirausahawan di negara tersebut. Di Indonesia peran UMKM baru 0,03%.Jumlah ini jauh dibandingkan keberadaan UMKM di negara maju yang telah mencapai 2%–17%. Peran UMKM ini perlu ditingkatkan lagi mengingat UMKM merupakan sektor yang tahan dengan gelombang krisis,” kata dia.

Consultan Training Link and Beyond Wiwiko Adi Nugroho mengatakan, basic training ini dilakukan dengan metode training adult learning melalui diskusi, simulasi, dan roleplay. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5625 seconds (0.1#10.140)