Bank Dunia siap gelontorkan USD25 juta untuk Tangerang

Kamis, 24 Mei 2012 - 18:20 WIB
Bank Dunia siap gelontorkan...
Bank Dunia siap gelontorkan USD25 juta untuk Tangerang
A A A
Sindonews.com - Bank Dunia akan menyalurkan bantuan sebesar USD25 juta bagi Kota Tangerang, apabila berhasil lolos dalam presentasi penanganan sampah terkait dengan pemanasan global yang akan dilakukan dalam kegiatan Carbon Expo di Jerman 30-31 Mei mendatang.

Hal demikian disampaikan Wakil Walikota Tangerang, Arief Wismansyah pada Okezone, di kantornya, Tangerang, Kamis (24/5/2012). Arif menyatakan bahwa Kota Tangerang terpilih mewakili Indonesia dalam undangan Bank Dunia dalam kegiatan Carbon Expo.

"Dalam Carbon Expo nanti Pemkot Tangerang diminta untuk mempresentasikan sistem pengelolaan sampah yang diterapkan disini, sehingga dapat meminimalisir pemanasan global," terang Arif.

Ia juga mengatakan secara lisan pihak Bank Dunia menawarkan program bantuan senilai USD25 juta untuk penanganan sampah di Kota Tangerang. "Ya bantuan itu nanti akan ditentukan setelah presentasi. Tapi Pemkot Tangerang sangat berharap tak hanya bantuan tunai yang diberikan tapi juga dalam bentuk teknologi," tuturnya lagi.

Tak hanya itu, Arif juga menyatakan bahwa kedepan direncanakan Kota Tangerang akan dijadikan pilot project penanganan sampah di Indonesia oleh Bank Dunia, hal ini sudah diungkapkan perwakilan Bank Dunia beberapa waktu lalu saat melihat progres pengelolaan sampah yang sudah dilakukan Kota Tangerang sejak 2008 lalu.

Hingga saat ini beberapa program penganan sampah yang sudah dilakukan Pemkot Tangerang sehingga menarik perhatian bank dunia adalah mengubah profil perkampungan dalam kota menjadi kota hijau melalui program Kampung hijau dan sekolah hijau, selain itu juga sistem komposter dan bank sampah yang diterapkan diperkampungan, serta pengelolaan sampah menjadi gas metan yang dapat dipergunakan.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9991 seconds (0.1#10.140)