Juli, pengembangan tahap I Bandara Soetta dimulai

Jum'at, 25 Mei 2012 - 09:19 WIB
Juli, pengembangan tahap I Bandara Soetta dimulai
Juli, pengembangan tahap I Bandara Soetta dimulai
A A A
Sindonews.com - PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, menargetkan akan memulai pengembangan tahap I bandara tersibuk di Indonesia tersebut pada Juli 2012 mendatang.

Pengembangan dilakukan mengingat pergerakan jumlah penumpang di bandara tersebut yang kian bertambah. Sekretaris Perusahaan Angkasa Pura II Hary Cahyono mengatakan, perseroan saat ini tengah menyelesaikan proses detail engineering design (DED) yang di dalamnya juga membahas skema pembiayaan proyek. Pengembangan tahap I bandara ini ditujukan untuk meningkatkan kapasitas menjadi 62 juta penumpang.

Pengembangan meliputi menambah kapasitas terminal 1,2,dan 3. “Di tiga terminal itu, perseroan juga akan menambah luas apron, menambah luas terminal kargo, memperbaiki gedung, sarana parkir, infrastruktur jalan, akses terminal dan fasilitas-fasilitas seperti layanan jaringan teknologi informasi di dalam gedung,” kata Hary di Jakarta kemarin.

Pengembangan Bandara Soekarno-Hatta yang direncanakan sampai dengan 2014 itu diperkirakan menelan biaya investasi Rp11,75 triliun. Direktur Utama Angkasa Pura II Tri S Sunoko sebelumnya mengatakan, perseroan berencana untuk meningkatkan kapasitas pergerakan jumlah penumpang Bandara Soekarno- Hatta menjadi sebanyak 90 juta penumpang pada 2020.

Untuk meningkatkan kapasitas pergerakan penumpang, perseroan akan membangun landasan pacu ketiga dan terminal penumpang keempat di luar area Bandara Soekarno- Hatta. “Rencananya akan dibangun di bagian pantai utara sekitar muara karang melalui pola reklamasi,”ujar Tri. Jumlah penumpang pesawat yang melalui Bandara Soekarno-Hatta sepanjang 2011 mencapai 51,17 juta orang, naik 15,37 persen dibandingkan realisasi jumlah penumpang di 2010 sebesar 44,35 juta orang.

Jumlah penumpang yang terbang dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta memberi kontribusi minimal 70 persen terhadap total penumpang yang dilayani 12 bandara kelolaan perseroan.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6804 seconds (0.1#10.140)