Telkom garap program Koperasi Modern Indonesia

Rabu, 30 Mei 2012 - 11:29 WIB
Telkom garap program Koperasi Modern Indonesia
Telkom garap program Koperasi Modern Indonesia
A A A

Sindonews.com - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menggandeng (Asosiasi Business Development Service Indonesia) untuk menggarap program Koperasi Moderen Indonesia (KMI). Dalam kerja sama ini, PT Telkom membantu pengembangan koperasi dan UMKM khususnya dalam bidang SDM, Manajemen, ICT (Information, Communication Technology), prespektif bisnis dan permodalan dengan model pendampingan.

"Harapannya dengan kerja sama ini koperasi dapat melaksanakan bisnisnya secara cepat, akurat, dan reliable, yang akhirnya untuk peningkatan kesejahteraan anggota," kata General Manager Divisi Business Service Telkom area Jawa Timur Firdaus Roeswandi dalam rilisnya, Rabu (30/5/2012).

Menurut Firdaus, Propinsi Jawa Timur mempunyai potensi yang sangat besar untuk program KMI ini. Pasalnya, di Jatim terdapat sekitar 29.400 koperasi. Dari jumlah tersebut, hingga saat ini sudah ada 400 koperasi yang telah bergabung menjadi Community Channel PT Telkom. “Sampai akhir 2012, target kami 1.000 koperasi di Jawa Timur bisa tergabung dalam program ini,” tambahnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, program KMI ini telah dicanangkan sejak awal Februari 2012. Melalui program ini, pihak Telkom membantu percepatan bisnis koperasi melalui penggunaan ICT seperti melakukan monitoring, evaluasi, dan melakukan pendataan secara akurat serta up to date.

ICT ini diharapkan mampu menjadi Business Enabler bagi koperasi. Sistem pengembangan ICT ini PT Telkom menggunakan lingkungan ekosistem koperasi. Melalui pola sinergi dan kemitraan, serta membantu koperasi meningkatkan daya saing dan kinerja bisnis koperasi melalui e-business.

Kerja sama ini dimulai dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU), sebanyak 550 nota kesepahaman akan ditandatangani oleh Telkom dan Kopwan-Koperasi Umum dari Kediri dan perwakilan dari 38 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Penandatanganan dilakukan di Desa Sugih Waras, Ngancar, Kediri.

Sedangkan ABDSI adalah salah satu community channel Telkom yang telah ditunjuk sebagai mitra pendamping program Koperasi Modern oleh Dinas Koperasi dengan 22 Korwil yang terdiri dari Kopwan dan Koperasi Umum. Salah satu Korwil-nya adalah Korwil Jawa Timur yang memiliki perwakilan Business Development Service di 38 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6346 seconds (0.1#10.140)