Green building, kantor baru PU hemat listrik 44%

Senin, 04 Juni 2012 - 13:43 WIB
Green building, kantor baru PU hemat listrik 44%
Green building, kantor baru PU hemat listrik 44%
A A A
Sindonews.com - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) baru saja meresmikan gedung utama yang menggunakan konsep green building di Jalan Pattimura No. 20 Kebayoran Baru, Jakarta. Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan bahwa biaya pembangunan ini memang lebih mahal 10-15 persen dengan konsep green building ini.

"Karena menurut catatan saya, dengan gedung baru ini, listrik bisa dihemat sampai 44 persen dan penggunaan air juga bisa dihemat sampai 81 persen pada musim hujan dan 63 persen di musim kemarau, hal ini dikarenakan pada musim hujan semua air hujan kita tampung, dan recycle sehingga bisa digunakan kembali," katanya, seperti dikutip dari situs PU, Senin (4/6/2012).

Lebih lanjut dia mengatakan, meskipun lebih mahal dalam pembangunannya, namun apabila dihitung mulai dari membangun sampai rusaknya pada sekian puluh tahun lagi, harganya akan tetap jauh lebih murah dari gedung yang tidak memakai konsep green building.

Djoko menambahkan, bangunan gedung ini dibangun berdasarkan satu masterplan yang ditandatangani oleh menteri PU Sunarno di tahun 2003, atas dasar masterplan itu kita teruskan. Sementara itu kaitannya dengan konsep green building, bangunan gedung ini didisain secara green yang mendapat sertifikat platinum dari Green Building Council, yang merupakan sertifikat tertinggi.

“Harapan saya untuk para pengelola proyek kalau ada pembangunan lagi untuk gedung lain yang apabila dalam perencanaan dan pelaksanaannya platinum maka operational maintenancenya juga harus platinum,” imbuhnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6315 seconds (0.1#10.140)