Menkominfo: Tidak ada tender dalam TV digital

Senin, 04 Juni 2012 - 17:47 WIB
Menkominfo: Tidak ada tender dalam TV digital
Menkominfo: Tidak ada tender dalam TV digital
A A A
Sindonews.com - Kesiapan-kesiapan untuk pelaksanaan migrasi dari televisi analog ke televisi digital terus dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Era televisi digital harus segera dilakukan karena sekitar 85 persen industri televisi di dunia pada tahun 2012 ini telah beralih ke televisi digital.

"Sekarang kita sudah mulai," kata Menkominfo Tifatul Sembiring usai membuka usai membuka Broadcast & Multimedia Show 2012 di Jakarta, Senin (4/6/2012).

Tifatul memastikan dalam proyek televisi digital tidak dilakukan dengan skeman tender. "Tidak ada tender dalam TV digital, yang ada seleksi seperti biasa dan kita akan mulai segera karena dari Komisi 1 DPR sudah memberikan green line untuk jalan,"paparnya.

Untuk keperluan seleksi TV digital ini, menurut Tifatul akan dikeluarkan peraturan menteri untuk landasan hukumnya. "Akhir bulan Juni ini sudah muai keluar peraturan menteri tentang seleksi ini,"tandasnya.

"Seleksi ini sama saja dengan radio televisi biasa, hanya ini untuk digital. Kedepan kita tidak buka lagi izin untuk TV analog, kita hanya buka untuk izin TV digital,"tambahnya.

Sedangkan stasiun televisi di dalam negeri, lanjutnya telah menyatakan kesiapannya untuk televisi digital ini. "Kami sudah ketemu dengan mereka, ini satu keniscayaan, teknologi ini tidak bisa kita tahan-tahan sebagaimana perkembangan di bidang telekomunikasi," paparnya.

Untu masyarakat sendiri, menurut Tifatul pihaknya akan membantu untuk kemudahan televisi digital ini. "Kita sedang mengajukan anggaran sebesar Rp 300 miliar untuk pembelian set top box gratis, itu diberikan ke masyarakat bukan ke stasiun televisi,"terangnya.

Dana Rp 300 miliar untuk satu juta set top box untuk televisi digital tersebut, lanjutnya berasal dari APBN yang diajukan tahun 2013 mendatang. "Itu untuk campaign TV digital,"pungkasnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2325 seconds (0.1#10.140)