Nelayan Indonesia masih dihantui 3 masalah

Selasa, 05 Juni 2012 - 10:16 WIB
Nelayan Indonesia masih dihantui 3 masalah
Nelayan Indonesia masih dihantui 3 masalah
A A A
Sindonews.com - Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Yusuf Solihin mengungkapkan tiga permasalahan yang masih ditanggung para nelayan hingga saat ini. Masalah tersebut menurutnya sangat mengakar, dan belum terselesaikan. Hal ini terlihat dari kesejahteraan nelayan yang belum tercapai.

"Masalah nelayan saat ini adalah permodalah, bahan bakar, perumahan," ujar Yusuf dalam kata sambutannya pada acara peringatan HUT ke 39 HNSI di Muara Angke, Jakarta, Selasa (5/6/2012).

Permodalan, menurutnya, tidak tercukupi secara maksimal. Perbankan yang seharusnya berfungsi untuk membantu para nelayan, belum dirasakan sampai sekarang. Padahal, menurutnya arahan Presiden sudah jelas, KUR yang tanpa anggunan dianggarkan sebesar Rp20 juta untuk nelayan.

"Selama perbankan nasional belum berpihak pada nelayan, maka selama itu pula nelayan akan berpijak pada rentenir. Jadi tolonglah," tegasnya.

Bahan bakar, menurutnya, pada beberapa kebijakan pemerintah sudah sangat bagu yaitu dengan pemberian subsidi kepada kapal-kapal nelayan.

Kemudian, Yusuf juga mengungkapkan soal perumahan yang dimiliki oleh nelayan masih jauh dari kata layak. "Kita lihat disini, sebelah kanan kita berdiri sebuah apartemen yang sangat mewah. Dan kita lihat dibelakangnya adalah gubuk-gubuk nelayan. Mungkin cuma mimpi dia akan mendapatkan rumah susun yang layak," jelasnya.

Dia menegaskan, negara ini adalah negara bahari dengan kekayaan laut yang sangat luar biasa. Namun, jika tidak ada konsentrasi kearah kelautan maka bahari kita tidak ada apa-apa.

"Kita masih jauh dari harapan (negara maritim), walaupun kita adalah negara bahari," pungkasnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9861 seconds (0.1#10.140)