Dukung perbankan ciptakan wirausahawan

Senin, 11 Juni 2012 - 10:28 WIB
Dukung perbankan ciptakan wirausahawan
Dukung perbankan ciptakan wirausahawan
A A A


Sindonews.com - Indonesia membutuhkan wirausahawan (entrepreneur) muda untuk terus mengangkat perekonomian yang saat ini masih bertumbuh sebesar 6,3 persen. Kebutuhan entrepreneur muda minimal mencapai 2 persen.

“Dibanding negara-negara lain,Indonesia masih tertinggal memang.Namun,kita optimistis bisa mencapai angka itu pada tahun ini,dengan ramainya perbankan mengadakan kompetisi entrepreneurmuda Indonesia,” ujar Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Syarifuddin Hasan usai menghadiri Young Entrepreneur Challenge 2012 HSBC Indonesia di Hotel Shangrila, Jakarta, akhir pekan lalu.

Young Entrepreneur Challenge 2012 HSBC Indonesia baru kali pertama diadakan. Ajang ini diharapkan mampu menjadi katalis untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan di Indonesia. Alan Richards, CEO HSBC Indonesia, mengatakan, pihaknya optimistis pertumbuhan para wirausahawan muda Indonesia dari tahun ke tahun semakin berkembang.

“Itulah sebab mengapa kami mengadakan kompetisi bagi para anak muda,terutama calon-calon sarjana, agar mereka bisa berpikir ke depan, untuk bagaimana membuka lapangan usaha bagi orang lain,” kata dia.

Dalam ajang ini, pemenang peringkat Gold dimenangkan oleh NoTreeSue dari Universitas Indonesia yang mengajukan produk tisu dengan bahan baku jerami dan sampah padi yang tidak terpakai oleh para petani.

“Mereka yang dapat peringkat Gold akan maju mewakili Indonesia di kompetisi serupa dan menghadapi negara-negara lain seperti Filipina, Bangladesh, Thailand, Brunei, Malaysia, China (Shanghai), dan Hong Kong sebagai tuan rumah,” kata Maya Rizano, Head of Group Communication and Corporate Sustainabiliti HSBC Indonesia.

Kompetisi ini dibuka Maret lalu, dan diikuti lebih dari 600 mahasiswa di Indonesia dengan jumlah proposal masuk sedikitnya 200 proposal. “Ini membuktikan minat mahasiswa muda kita untuk berwirausaha sangat besar, dan HSBC selalu mendukung kegiatan berbasis melahirkan para entrepreneur,” ucap Maya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4813 seconds (0.1#10.140)