China bidik investasi tekstil Jabar

Selasa, 12 Juni 2012 - 10:10 WIB
China bidik investasi tekstil Jabar
China bidik investasi tekstil Jabar
A A A
Sindonews.com – Geliat industri tekstil dan produk tekstil (TPT) di Jawa Barat ternyata membuat investor China tertarik untuk berinvestasi. Sejumlah investor diketahui mulai melirik industri TPT di Jabar.

Ketua Komite Tetap Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Kadin Jabar Yusuf Suhyar menjelaskan, ketertarikan investor China membuka pabrik di Jabar melihat potensi pasar TPT di Indonesia. Pembukaan pabrik di Jabar akan mengurangi biaya produksi untuk menekan harga jual produk TPT.

“Ada sekitar 12 investor China yang berminat membuka pabrik di TPT di Jabar. Saat ini masih dalam tahap penjajakan,” jelas Yusuf Suhyar usai menggelar pertemuan dengan pengusaha China di Bandung Convention Centre, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung.

Menurut dia, rencana investasi China di Jawa Barat sebagai langkah ekspansi dan relokasi pabrik mereka di China. Dia mengakui, Jawa Barat merupakan lokasi yang cocok untuk relokasi pabrik mereka di China.

Jabar memiliki lahan cukup luas untuk pengembangan industri. Kondisi tersebut didukung ketersediaan sarana insfrastruktur seperti jalan, listrik, dan akses transportasi bandara serta pelabuhan. Masuknya investor China diharapkan membuka pintu bagi sektor lainnya.“Kita berharap, investasi mereka tidak hanya tekstil, tetapi bisa merambah sektor lainnya,”timpal dia.

Menurut dia,rencana investor China mesti disambut baik oleh pemerintah. Karena, dapat menyerap tenaga kerja yang cukup besar. Upaya yang bisa dilakukan pemerintah yaitu memberikan kemudahan dalam mengurus proses perijinan maupun lainnya. Selain Jabar, Jawa Tengah termasuk provinsi yang diminati investor China.“Sebelumnya ada lima investor China yang sudah membuka investasinya di wilayah Jawa Tengah,” imbuh dia.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5825 seconds (0.1#10.140)