BEI lelang lima kursi AB

Kamis, 14 Juni 2012 - 09:49 WIB
BEI lelang lima kursi AB
BEI lelang lima kursi AB
A A A


Sindonews.com - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) berencana kembali melelang lima kursi anggota bursa (AB) awal Juli mendatang. Sudah ada beberapa investor dari dalam negeri yang telah menyatakan minatnya.

Lelang tersebut terpaksa diulang karena pada lelang Juni lalu tidak ada yang memenuhi persyaratan menjadi anggota bursa. Direktur Utama PT BEI Ito Warsito mengatakan,lima kursi anggota bursa yang akan dilelang adalah Patalian Water Securindo,United Asia Securities, Antaboga Delta Sekuritas Indonesia, Signature Capital Indonesia,dan Sarijaya Permana Sekuritas.“Yang menyatakan minat ada.Tapi,belum masuk ke tahap serius,” katanya kepada SINDO di Jakarta kemarin.

Dia menuturkan, sebenarnya BEI telah melakukan pelelangan kursi anggota bursa awal Juni lalu. Ternyata, dari sejumlah investor yang memasukan proposalnya ke BEI, belum ada yang memenuhi syarat, sehingga BEI memutuskan kembali melelang kursi anggota bursa yang kosong. Di luar lima kursi anggota bursa yang kosong, BEI telah melakukan penghentian sementara (suspensi) perdagangan tiga perusahaan efek (sekuritas) terkait pemenuhan pelaporan Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD).

Ketiga sekuritas tersebut adalah PT Dinar Sekuritas,PT Finan Corpindo Nusa Securities,serta PT Bapindo Bumi Sekuritas. PT Dinar Sekuritas melaporkan upaya untuk melakukan restrukturisasi permodalan, sementara PT Finan Corpindo Nusa Securities dan Bapindo Bumi Sekuritas berupaya meningkatkan modalnya.“Kami masih menunggu rencana usaha mereka,”ujar Ito.

Kepala Biro Transaksi dan Lembaga Efek Bapepam-LK Yunita Linda Sari mengaku sudah mendapatkan informasi mengenai rencana BEI terkait setiap peserta lelang yang harus terlebih dahulu memenuhi syarat menjadi anggota bursa efek sebagaimana diatur dalam Peraturan Bursa Nomor III-A tentang Keanggotaan Bursa.

Kebijakan tersebut menyatakan bahwa perusahaan efek yang akan menjadi anggota bursa di antaranya harus memiliki modal yang cukup dan infrastruktur sistem yang memadai. “Pada lelang Juni lalu belum ada yang memenuhi syarat,”tutur dia. Saat ini total kursi anggota bursa adalah 125 kursi namun yang aktif hanya 115 anggota bursa. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9689 seconds (0.1#10.140)