Semen Tonasa kuasai pasar Indonesia Timur

Minggu, 17 Juni 2012 - 13:55 WIB
Semen Tonasa kuasai pasar Indonesia Timur
Semen Tonasa kuasai pasar Indonesia Timur
A A A
Sindonews.com -Anak perusahaan PT Semen Gresik Tbk., Semen Tonasa mengusai separuh lebih pasar di Kawasan Indonesia Timur. Total penguasaan pasar Semen Tonasa sebesar 51,55 persen.

Direktur Utama PT Semen Gresik Tbk Dwi Soejipto mengatakan, dalam beberapa tahun Semen Tonasa menunjukka kinerja yang positif. Keberadaan Semen Tonasa memang difokuskan untuk pasar Indonesia Timur yang saat ini berkembang pesat.

"Perkembangan pasar di Indonesia Timur tentu menjadi momentum emas bagi Semen Tonasa. Selain booming komoditas, perkembangan pasar di Indonesia Timur juga didorong pelaksanaan program Masterplan Percepatan dan Peluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI)," kata Dwi di Surabaya, Minggu (17/6/2012).

Saat ini anak perusahaan PT Semen Gresik Tbk ini, melakukan ekspansi dengan membangun pabrik Semen Tenasa V di Pangkep, Sulawesi Selatan. Sementara dari data Asosiasi Semen Indonesia (ASI), tercatat penjualan semen di Sulawesi dalam lima bulan pertama tahun 2012 mencapai 1.617.705 atau tumbuh 24 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Kemudian di Nusa Tenggara penjualan semen mencapai 1.154.576 ton atau timbuh 16 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. tumbuh 16 persen. Selanjutnya di Maluku dan Papua, konsumsi semen mencapai 512.975 ton atau mengalami pertumbuhan 40 persen dibanding tahun lalu dengan periode yang sama.

Total pasar di kawasan Indonesia Timur termasuk Sulawesi mencapai 3.285.256 Ton hingga bulan Mei 2012 atau tumbuh sekitar 23 persen.

Semen Tonasa sendiri pada periode tersebut membukukan penjualan di pasar domestik sebesar 1.671.265 juta ton, mencatat pertumbuhan sebesar 13 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Dengan capaian itu, Semen Tonasa menguasai sekitar 51,55 persen pasar semen di Kawasan di Indonesia Timur.

"Dengan permintaan semen yang tumbuh lebih tinggi dibanding Pulau Jawa dan Sumatera, peluang Semen Tonasa untuk terus memperbesar penguasaan pasar sangat terbuka lebar," paparnya.

Induk perusahaan ini, mendorong Semen Tonasa untuk lebih menguasai wilayah Indonesia Timur. Tak hanya itu, Semen Tonasa juga diberi keluasaan untuk menggarap pasar Bali.

"Pada prinsipnya sinergi dan kekompakkan di lingkungan Grup Semen Gresik ini berupaya untuk menjadikan industri semen nasional sebagai tuan rumah di negeri sendiri," tukas Dwi.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5702 seconds (0.1#10.140)