Telkom incar perusahaan di Asia

Kamis, 21 Juni 2012 - 09:47 WIB
Telkom incar perusahaan...
Telkom incar perusahaan di Asia
A A A
Sindonews.com – PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk (TLKM) kembali mengincar perusahaan jaringan kabel bawah laut (fiber optic) di kawasan Asia. Hal ini menyusul batalnya rencana perusahaan telekomunikasi pelat merah tersebut mengakuisisi perusahaan penyedia jasa kabel bawah laut asal Hong Kong, Pacnet Ltd.

Direktur Utama TLKM Arief Yahya mengatakan, perseroan akan tetap melakukan ekspansi ke luar negeri dengan cara mengakuisisi perusahaan asing sebagai bagian dari upaya perseroan untuk meningkatkan pangsa pasarnya. ”Kalau untuk internasional, pasti (ekspansi) akan kita lakukan, baik melalui akuisisi atau membangun sendiri untuk jaringan,” kata dia di Jakarta kemarin.

Dia menjelaskan, negara yang diincar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telekomunikasi tersebut untuk pasar luar negeri adalah negara kawasan Asia. Adapun, perusahaan yang dibidik perseroan masih bergerak pada jasa jaringan kabel bawah laut. Perseroan sebelumnya berencana mengakuisisi Pacnet Ltd.Alasan Telkom mengakuisisi perusahaan tersebut yaitu Pacnet diprediksi dapat memberikan kontribusi sekitar 15–20 persen terhadap pendapatan Telkom di bisnis broadband.

Selain itu, akuisisi itu akan membuka jalan bagi Telkom untuk memperluas pasar ke kawasan regional. Namun, karena hasil uji kelayakan (due diligence) akuisisi Pacnet tidak memberikan nilai tambah bagi perusahaan, sehingga rencana tersebut dianulir.”Kalau tidak memberikan valueyang kita harapkan,ya kita batalkan,”ujar Arief.

Menurutnya, dengan batalnya akuisisi Pacnet, perseroan akan melirik perusahaan sejenis untuk diakuisisi. Namun, Arief menegaskan, akuisisi ke luar negeri tidak akan dilakukan pada sisa tahun ini.Sementara, ekspansi di dalam negeri masih akan terus dilakukan. Perseroan saat ini juga sedang mengembangkan pembangunan jaringan kabel bawah laut di Tanah Air.

Analis Capital Price Deddy Ertanto berpendapat, kinerja perusahaan telekomunikasi untuk tahun ini akan digenjot dari pengembangan layanan data. ”Potensi untuk layanan data masih sangat besar dan operator telekomunikasi mulai mengembangkan layanan ini,” kata dia.

Untuk operator telekomunikasi di Indonesia, menurut Deddy, kinerja Telkom dibanding operator telekomunikasi lainnya,masih mengungguli operator telekomunikasi lain.Pasalnya, pangsa pasar Telkomsel di dalam negeri masih terbesar.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7644 seconds (0.1#10.140)