Infrastruktur Mamasa dianggarkan Rp367 M

Kamis, 21 Juni 2012 - 12:04 WIB
Infrastruktur Mamasa dianggarkan Rp367 M
Infrastruktur Mamasa dianggarkan Rp367 M
A A A


Sindonews.com - Insfrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten Mamasa dianggarkan Rp467 miliar. Pembangunan infrastruktur tersebut akan dilaksanakan tahun ini.

Anggaran tersebut berasal dari APBN sebesar Rp350 miliar dan ditambah Rp17 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar) tahun 2012.

Ketua DPRD Sulbar Hamzah Hapati Hasan mengatakan, dari lima kabupaten di Sulbar, Kabupaten Mamasa dianggap yang paling membutuhkan bantuan untuk pembangunan infrastruktur. ”Karena itu, sebagian besar dana yang berasal dari silpa (sisa lebih perhitungan anggaran) tahun 2011 di APBN yang dialokasikan untuk pembangunan infrastuktur, diarahkan ke Mamasa,” katanya di Mamuju, Rabu 20 Juni 2012.

Saat ini, kata Hamzah, tengah berlangsung tender di Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional VI Makassar. Karena anggaran tersebut dimasukkan ke Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Balai besar merupakan perpanjangan tangan Kementerian PU di sejumlah wilayah di Indonesia termasuk di Sulsel dan Sulbar.

“Saya menghubungi Kepala Balai Besar di Makassar. Saat ini tengah dalam proses tender. Begitu sudah ada pemenangnya, maka akan langsung dikerjakan. Tapi,ada sedikit kendala di pertigaan Mambi-Malabo. Katanya di situ ada pembebasan lahan yang belum selesai sepanjang delapan kilometer,” ungkapnya.

Sekretaris Partai Golkar Sulbar ini berharap agar Bupati Mamasa Ramlan Badawi bisa memberikan pemahaman kepada masyarakatnya agar bisa bekerja sama membantu membebaskan lahan yang dimaksud.

Karena jika lahan ini tidak segera dibebaskan, maka tentu saja merupakan kerugian bagi Mamasa, karena pembangunan jalan tidak bisa dilaksanakan dalam waktu dekat. “Saya harap Pak Bupati bisa memberikan pemahaman kepada warganya. Karena kalau delapan kilometer ini belum tuntas,maka pembangunan jalan itu belum bisa dilaksanakan. Janganlah sia-siakan Rp350 miliar yang telah diperjuangkan itu,” katanya.

Menanggapi hal ini, Ramlan Badawi mengatakan, Pemkab Mamasa segera turun tangan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Sebab informasi mengenai permasalahan di Malabo itu baru diketahuinya.

Anggaran pembangunan jalan dari APBN tersebut diarahkan untuk membangun jalan poros yang menghubungkan antara Kabupaten Mamasa dan Kabupaten Mamuju. Sedangkan anggaran dari DAK APBD Sulbar diarahkan untuk pembangunan jalan poros dari Kabupaten Polman ke Mamasa yakni dari Tabone hingga Malabo. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5828 seconds (0.1#10.140)