GAPO ciptakan petani mandiri dalam jambore

Selasa, 26 Juni 2012 - 16:14 WIB
GAPO ciptakan petani...
GAPO ciptakan petani mandiri dalam jambore
A A A


Sindonews.com - Ratusan petani organik dari berbagai daerah di Sumatera Barat (Sumbar) mengikuti jambore selama empat hari di Istana Rakyat Selaras Alam, Nagari Lasi, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada 25-29 Juni 2012 ini.

Jambore yang diberi nama Galanggang Alam Pertanian Organik (GAPO) tersebut akan membicarakan pengembangan pertanian organik sekaligus menghasilkan rekomendasi kepada pengambil kebijakan.

GAPO periode kedua menciptakan petani mandiri. Hal ini disampaikan Ketua Penyelenggara GAPO, Jafrinal, saat pembukaan GAPO di Istana Rakyat Selaras Alam Nagari Lasi Kecamatan Canduang Kabupaten Agam, Selasa, (26/6/2012).

“Pelaksanaan GAPO sudah menunjukkan bahwa petani mampu mandiri. Kami melakukannya dengan swadaya tanpa bantuan finansial dari pemerintah,” ungkap Jafrinal.

Menurutnya, GAPO tahun ini mengusung tema mewujudkan lingkungan yang sehat dalam menciptakan sistem pangan yang sehat dan berdaulat serta membangun pikiran yang sehat.

“Kalau lingkungan sehat, pangan sehat dan berdaulat maka pikiran juga akan menjadi sehat. Bila pikiran sehat, diharapkan kasus-kasus penyelewengan dana untuk pembangunan pertanian tidak terjadi lagi,” kata Jafrinal.

Diperkirakan lebih dari 500 orang petani akan hadir pada acara ini. Peserta berasal dari Kabupaten Agam, Padangpariaman, Solok, Tanahdatar, Pesisirselatan, 50 kota, Pasaman Barat, Pasaman, Kota Pariaman dan Padang.

Rangkaian acara termasuk workshop-workshop paralel, perumusan rekomendasi serta dialog dengan pemerintah provinsi dan kabupaten.

Dalam workshop paralel, menurut Jafrinal, petani akan berdiskusi tentang sistem produksi pertanian yang sehat, sistem distribusi produksi organik, pola konsumsi organik serta dukungan dari para pihak termasuk pemerintah, LSM, perguruan tinggi dan sektor swasta.

Selain itu, para petani yang hadir juga turut mempertontonkan keberhasilan mereka di daerahnya masing-masing. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9289 seconds (0.1#10.140)