Kemendag tingkatkan promosi online

Rabu, 27 Juni 2012 - 09:49 WIB
Kemendag tingkatkan promosi online
Kemendag tingkatkan promosi online
A A A


Sindonews.com - Besarnya potensi pasar internasional yang bisa diakses melalui media online (internet) mendorong Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengajak pengusaha dan pebisnis menggalakkan promosi lewat media online.

Media promosi online dinilai memiliki keunggulan dibandingkan dengan media lainnya karena tidak memiliki batasan wilayah.

“Kita bisa mempromosikan produk, baik barang ataupun jasa,ke seluruhduniahanyadari tempat kita mengakses internet. Selain itu, promosi melalui media online atau internet terkenal lebih murah dibandingkan melalui media lainnya,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Gusmardi Bustami dalam seminar Online Marketingdi Jakarta kemarin.

Dia menambahkan, dengan besarnya jumlah pengguna internet di Indonesia dan seluruh dunia, media online dapat dijadikan sebagai alat promosi yang menjanjikan bagi pengusaha Indonesia dalam memasarkan produknya ke pasar global.

Di Indonesia saja, berdasarkan data MarkPlus Insight, pengguna internet pada 2011 tercatat tumbuh sebesar 30% dari tahun sebelumnya, yaitu menjadi 55 juta pengguna.

Sementara, waktu akses internet rata-rata tiga jam per hari. Sementara, potensi pasar untuk program Bisnis Lokal Go Online masih pada angka 0,15% dari total usaha kecil menengah (UKM) Indonesia yang berjumlah 50 juta UKM. Oleh karena itu, promosi melalui media onlineharus digalakkan.

Senada dengan Gusmardi Bustami, Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Kemendag Gatot Prasetyo Adjie mengatakan, pengusaha Indonesia diharapkan dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki media onlinesebagai media promosi produk sehingga dapat meningkatkan penjualan baik untuk pasar domestik maupun luar negeri (ekspor). (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3139 seconds (0.1#10.140)