Pertamina EP rugi 20 ribu barel sebulan

Selasa, 03 Juli 2012 - 11:15 WIB
Pertamina EP rugi 20 ribu barel sebulan
Pertamina EP rugi 20 ribu barel sebulan
A A A
Sindonews.com - PT Pertamina EP (Persero) mengakui telah mengalami kerugian sebesar 39 ribu barel minyak mentah pada Mei 2012. Sedangkan pada Juni 2012, kerugian meningkat menjadi lebih dari 59 ribu barel dalam satu bulan

Manager Humas Pertamina EP, Agus Amperianto, mengatakan Kerugian tersebut disebabkan oleh penjarahan minyak mentah di jalur pipa Tempino–Plaju di Jambi dan Sumatera Selatan. Menurutnya, penjarahan tersebut semakin memprihatinkan.

“Pertamina EP sangat menyayangkan bahwa pelaporan yang disampaikan kepada penegak hukum atas sejumlah peristiwa kriminal tersebut belum ada tindakan konkrit dan nyata sehingga tidak ada efek jera. Salah satu buktinya, adalah angka kerugian akibat penjarahan di jalur Tempino-Plaju justru mengalami peningkatan setiap bulan,” kata dia dalam laporan tertulisnya di Jakarta, Selasa (3/6/2012).

Tindakan kriminal yang terjadi, antara lain meliputi penjarahan minyak mentah, perampokan aset, sabotase, hingga kejahatan dengan kekerasan. Kasus kriminal tersebut banyak terjadi di daerah operasi Pertamina EP Region Sumatera dan Jambi.

Menurutnya, kerugian yang telah terjadi di dua wilayah tersebut secara kumulatif sudah mencapai lebih dari 100 ribu barel. "Aksi penjarahan tersebut merugikan negara karena hilangnya potensi pendapatan negara dari sisi produksi minyak mentah yang diamanatkan oleh Pemeritah melalui BP-Migas kepada Pertamina EP," tukas Agus.
(and)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6219 seconds (0.1#10.140)