Indosat siap hidupkan kembali konten premium

Rabu, 04 Juli 2012 - 13:42 WIB
Indosat siap hidupkan kembali konten premium
Indosat siap hidupkan kembali konten premium
A A A
Sindonews.com – Industri konten yang sempat "mati suri" usai penghentian layanan di bulan Oktober 2011 lalu segera bergeliat kembali. Setelah delapan bulan berlalu, operator dan Content Provider (CP) akan mulai menapaki industri konten kreatif itu kembali.

Untuk mendukung kembali bangkitnya CP, VAS (Value Added Services) Indosat pun diharapkan bisa membantu itu semua. “Karena di balik VAS itu ada industri kreatif, jadi kami ingin membangunnya kembali. Terlebih lagi, saat ini ada CP yang di PHK, seperti hidup segan mati tak mau,” kata Division Head Gaming and Content Indosat Andri Fisaterdi, kemarin.

Oktober lalu, industri konten premium harus menghadapi masalah terkait isu “pencurian pulsa” dan juga Surat Edaran (SE) 177, yang berisi sejumlah instruksi seperti menghentikan penawaran konten melalui SMS broadcast. Karena itu, lewat VAS Indosat, operator tersebut akan mengubah industri konten premium sesuai dengan regulasi yang ada.

Karena itu Indosat akan mengoptimalkan informasi seputar konten yang ditawarkan. “Tentu kami akan memperjelas informasi yang diberikan kepada pelanggan, tentang bagaimana mekanisme berlangganan. Hal ini kami rasa cocok untuk regulasi kita yang baru,” tutur Andri.

Salah satu upaya yang dilakukan Indosat yakni memberikan kemudahan akses bagi pelanggan yang ingin meng-unreg layanan premiumnya. Ada dua cara yang disiapkan yaitu langsung unreg ke layanan CP dan langsung dengan SMS ke layanan unreg universal dari Indosat.

“Dengan cara baru ini, kami berharap bisa memberikan kemudahan akses bagi pelanggan. Karena kalau dulu ingin berhenti berlangganan, dari pihak customer service Indosat tidak bisa langsung bertindak karena database-nya ada di CP. Dulu model bisnisnya memang seperti itu” jelas Andri.

Maka dengan adanya dua pilihan tadi, selain lewat nomor layanan yang disediakan CP, pelanggan Indosat bisa menghentikan semua layanan premium dengan satu langkah saja yakni lewat SMS ke 726. Pelanggan cukup mengetik kata “stop” dan mengirimkan SMS tersebut ke726, maka secara otomatis semua langganan layanan premium mereka akan dihentikan. Masih dengan mengirim SMS ke nomor yang sama, untuk mengetahui layanan apa saja yang diikuti maka pelanggan cukup ketik kata “status”.

“Kemudahan lain yang kami tawarkan adalah satu shortcut untuk semua layanan Indosat, yaitu dengan *123# pelanggan bisa mengetahui semua layanan dari nomor itu. *123# itu merupakan gateway (gerbang) untuk semua layanan kami, di luar shortcut layanan yang telah ada sebelumnya,” pungkas Andri.
(and)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5809 seconds (0.1#10.140)