Baru dibuka, Agrifood Expo langsung diserbu

Jum'at, 06 Juli 2012 - 19:00 WIB
Baru dibuka, Agrifood Expo langsung diserbu
Baru dibuka, Agrifood Expo langsung diserbu
A A A
Sindonews.com - Baru dibuka, Petro Agrifood Expo 2012 langsung diserbu warga sekitar. Dari gelaran yang dihelat di Kebun Percobaan (Buncop) tersebut transaksinya ditarget naik menjadi Rp600 juta.

Kegiatan tahunan itu dibuka Bupati Gresik Sambari Halim Radianto. Diikuti sekitar 50 peserta dari Gresik, Sidoarjo, Malang, Madiun, Klaten, Magetan dan Tuban. Mereka menampilkan berbagai hasil pertanian; dari sayuran, buah-buahan dan sembako.

Selain kualitas barang yang dijual, juga harganya berbeda dengan di pasaran. “Bila dibandingkan dengan harga di pasar bedanya sekitar Rp3.000. Hampir semua barang yang dijual,” ujar Elvita Yuliati, 42, warga Jalan Abdul Kharim, Gresik.

Sedangkan Direktur Teknik PT Petrokimia Gresik, Firdaus Syahril mengatakan, kegiatan yang digelar itu dalam rangka pameran hasil pertanian dari binaan BUMN tersebut. Apalagi, sejak berdiri 2001 keberadaan Buncop bertujuan sebagai ekspos hasil riset sekaligus kebun percobaan. "Sasarannya memang diperuntukkan bagi masyarakat sekitar agar bisa memaksimalkan kebun percobaan," ujarnya.

Diakui, alasan kedepannya Buncob ke masyarakat guna memberi motivasi terkait penerapan teknologi yang benar bagi masyarakat dan petani. Sejak berdiri, Buncob PT Petrokimia Gresik diaplikasikan tempat riset plus penelitian.

“Kedepannya kami akan melakukan kerja sama dengan pusat penelitian dari luar. Kerja sama ini kami maksudkan untuk mengembangkan varitas bibit unggul," ujarnya.

Tentang penelitian dari kebun percobaan untuk perubahan iklim terhadap tanaman, Firdaus Syahril mengatakan, pihaknya belum mengarah ke situ. Tahap awal, masih fokus penelitian dan sosialisasi bagaimana menggunakan pupuk yang efektif. "Di kebun percobaan yang kami berlakukan bagaimana melakukan komposisi pupuk yang benar untuk tanaman tertentu," pungkas dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5611 seconds (0.1#10.140)