SBY mengeluh minimnya dana infrastruktur

Kamis, 16 Agustus 2012 - 12:41 WIB
SBY mengeluh minimnya dana infrastruktur
SBY mengeluh minimnya dana infrastruktur
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan tantangan terberat dalam pembangunan infrastruktur dewasa ini adalah kebutuhan infrastruktur yang amat tinggi di seluruh wilayah Indonesia. Padahal, anggaran yang tersedia di APBN relatif terbatas.

"Meskipun tahun-tahun terakhir ini kita telah meningkatkan anggaran belanja modal dan pembangunan infrastruktur, tetap saja anggaran APBN kita masih terbatas," kata SBY dalam pidato kenegaraannya, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2012).

Oleh karena itu, SBY meminta agar daerah juga mengalokasikan APBD-nya untuk belanja modal, dan tidak habis untuk belanja pegawai dan belanja rutin. Dia berharap pada 2013 mendatang transfer dana ke daerah akan berjumlah lebih dari Rp500 triliun.

Selain itu, SBY juga mengundang BUMN dan Swasta untuk bekerja sama dengan pemerintah untuk mempercepat dan memperluas pembangunan infrastruktur ini. Menurutnya, hal ini diperlukan untuk mencapai hasil maksimal pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Jika tidak, ekonomi Indonesia yang tumbuh rata-rata enam persen dewasa ini, dengan peluang investasi yang amat besar, tidak akan mencapai hasil yang setinggi-tingginya," katanya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6203 seconds (0.1#10.140)