MP3EI diklaim sudah implementasikan Rp490 T

Kamis, 16 Agustus 2012 - 12:54 WIB
MP3EI diklaim sudah implementasikan Rp490 T
MP3EI diklaim sudah implementasikan Rp490 T
A A A
Sindonews.com - Proyek infrastruktur kebanggaan pemerintah, Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) diklaim telah berhasil mengimplementasikan 135 proyek infrastruktur dan sektor riil dengan nilai lebih dari Rp490 triliun hingga akhir Juli 2012.

"Sejak diluncurkan pada tanggal 27 Mei 2011, sampai dengan akhir Juli 2012 sudah banyak yang dicapai dalam implementasi MP3EI," ungkap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat pidato kenegaraan di Gedung MPR/DPR RI Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2012).

Presiden mengklaim strategi percepatan dan perluasan pembangunan infrastruktur, merupakan terobosan untuk menghindari middle income trap.

"Dengan cara itulah, kita akan luput dari stagnasi pembangunan yang banyak dialami oleh negara-negara berpendapatan menengah," tegasnya.

Demikian pula, kesenjangan antarwilayah, antar desa-kota, dan antarsektor harus kita atasi bersama-sama.

Di Kawasan Timur Indonesia, pemerintah berupaya untuk mengatasi kemahalan harga, meningkatkan akses rakyat untuk memperoleh pelayanan pendidikan dan kesehatan yang layak, menguatkan sektor perikanan dan kelautan, serta mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif berbasis tradisi dan budaya lokal.

"Dan tidak lupa, kita berjuang untuk mengangkat taraf hidup Komunitas Adat Terpencil (KAT) di berbagai wilayah pedalaman," tegas SBY.

Pada akhirnya, dengan MP3EI ini pemerintah mendorong percepatan pembangunan koridor Kalimantan, Sulawesi, Papua dan Kepulauan Maluku, serta Kepulauan Nusa Tenggara.
(hyk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3671 seconds (0.1#10.140)