PGAS siap akuisisi perusahaan gas di Amerika

Rabu, 05 September 2012 - 12:26 WIB
PGAS siap akuisisi perusahaan gas di Amerika
PGAS siap akuisisi perusahaan gas di Amerika
A A A
Sindonews.com – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) sedang menjajaki akuisisi satu blok gas di Amerika. Namun, selain di Amerika,perusahaan gas pelat merah tersebut dalam jangka panjang juga berencana mengakuisisi sejumlah blok gas di kawasan Afrika maupun Asia.

Sekretaris Perusahaan PGAS Heri Yusup mengatakan, perseroan hingga saat ini masih melakukan uji tuntas (due diligence) untuk melakukan ekspansi ke luar negeri.”Sekarang kita fokus selain domestik, juga luar negeri.Untuk luar negeri,Amerika Serikat (AS),” kata dia di Jakarta kemarin.

Lebih lanjut Heri menjelaskan, ekspansi perusahaan gas pelat merah tersebut ke luar negeri adalah ke sektor hulu. Nantinya, perseroan akan melakukan ekspansi melalui anak usahanya,yakni PT Saka Energy Indonesia.

Heri mengaku, saat ini proses penjajakan sedang berjalan dan diharapkan akhir tahun ini bisa rampung. ”Ada satu yang sudah bisa, minimal kita selesaikan di tahun ini,” ujarnya.

Selanjutnya, jika akuisisi sudah terjadi, maka gas dari blok tersebut akan dikirim ke Indonesia. Mengenai investasinya, dia mengaku belum bisa dipastikan lantaran masih perlu dikalkulasi dan memerlukan izin dari pemerintah.

Selain ekspansi ke Amerika, Heri menjelaskan, perseroan berencana mengembangkan usaha ke Afrika dan Asia. Sementara untuk ekspansi di domestik, perseroan akan mengakuisisi blok gas yang berproduksi dengan kepemilikan saham minoritas. ”Di bawah 30 persen. Tapi kalau sudah jalan, mungkin akan ditingkatkan,” imbuh Heri.

Adapun,danayangdisiapkan perseroan untuk akuisisi lapangan gas di dalam negeri sebesar Rp5 triliun.Direktur Keuangan PGAS M Riza Pahlevi menuturkan, dana untuk akuisisi blok baru terbesar di luar belanja modal (capital expenditure/capex).

”Dana capex tidak termasuk akuisisi lapangan gas.Dana yang dipersiapkan tergantung besaran nilai akuisisi,” ujar dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8011 seconds (0.1#10.140)