Kedatangan artis internasional, pengaruhi defisit transaksi berjalan

Minggu, 16 September 2012 - 19:02 WIB
Kedatangan artis internasional, pengaruhi defisit transaksi berjalan
Kedatangan artis internasional, pengaruhi defisit transaksi berjalan
A A A
Sindonews.com - Siapa sangka, teryata kedatangan artis-artis mancanegara untuk melakukan konser di Tanah Air ternyata turut mempengaruhi defisit neraca transaksi berjalan. Walaupun diketahui porsinya sangat kecil.

Sebut saja seperti Katy Perry, Super Junior, L’Arc en Ciel, James Morrisson, The Cardigans, Owl City, Jason Mraz, SNSD dan masih banyak lagi. Mereka sengaja didatangkan untuk memenuhi kebutuhan penggemar selain promosi tentunya.

Direktur Hubungan Masyarakat BI Difi A. Johansyah, mengatakan pengeluaran biaya untuk artis tersebut akan tercatat dalam transaksi jasa-jasa di neraca transaksi berjalan.

“Itu masuknya ke jasa personal, kultural dan rekreasi. Tapi ini angkanya kecil, tapi memang ada pengaruhnya,” ujarnya dalam Workshop Wartawan Ekonomi, Moneter dan Perbankan di Bandung, Jawa Barat, Minggu (16/9/2012).

Dari data Neraca Pembayaran Indonesia, dalam neraca transaksi berjalan, khususnya di transaksi jasa-jasa tercatat untuk jasa personal, kultural dan rekreasi mengalami defisit sebesar USD54 juta selama tahun 2011. Sedangkan di tahun 2012, sampai dengan semester satu telah mengalami defisit sebesar USD22 juta.

Sementara secara keseluruhan untuk transaksi jasa-jasa di neraca transaksi berjalan selama tahun 2011, mengalami defisit sebesar USD10,63 miliar. Sedangkan selama enam bulan pertama 2012, tercatat defisit transaksi jasa sebesar USD4,95 miliar.

Seperti diketahui, secara keseluruhan defisit transaksi berjalan pada triwulan dua 2012 mencapai USD6,9 miliar atau 3,1 persen dari pendapatan domestik bruto (PDB) Indonesia. Angka tersebut meningkat drastis dibanding posisi triwulan satu, yang mengalami defisit sebesar USD3,2 miliar atau 1,5 persen dari PDB. (mai)
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5406 seconds (0.1#10.140)