Pertamina terus kembangkan sumber energi baru

Selasa, 25 September 2012 - 18:10 WIB
Pertamina terus kembangkan sumber energi baru
Pertamina terus kembangkan sumber energi baru
A A A
Sindonews.com - Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Ali Mundakir mengatakan pihaknya terus mengembangkan sumber bahan bakar lain selain minyak dan gas. Hal itu dimulai dengan terus melakukan penelitian mengenai potensi sumber bahn bakar tersebut.

Bahkan, Pertamina berencana untuk memilki lembaga penelitian yang tangguh di mana orang-orang yang di dalamnya fokus sebagai peneliti dan tidak didesain untuk menempati jabatan struktural.

“Pertamina memberikan dukungan untuk cetak doktor-doktor yang bisa melakukan penelitian. Bahkan Pertamina melakukan rekrutmen tidak hanya dari tingkat mahasiswa melainkan SMA,” kata Ali, Selasa (25/9/2012).

Pihaknya sudah melakukan kerjasam dengan perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki disiplin ilmu migas. Misalnya dengan Intitut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gajah Mada (UGM). Dari hasil kerja sama tersebut dihasilkan banyak temuan.

“Ada 10 produk yang dikembangkan Pertamina dengan ITB. Tidak menutup kemungkinan kerjasama dengan perguruan tinggi lain sepanjang terkait dengan energi,” ujar Ali.

Sementara itu Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang juga Pjs Rektor UI, Djoko Santoso mengatakan, ketahanan energi dan pangan masih menjadi topik utama dari penelitian nasional saat ini. Berdasarkan Undang-undang Perguruan Tinggi Tahun 2012, sebanyak 30 persen dari biaya operasional perguruan tinggi negeri wajib dialokasikan untuk penelitian.

“Penelitian itu misalnya saja mobil listrik, gimana caranya kita bisa menghemat energi sekaligus menggunakan sumber energi yang lebih baik,” tandas Djoko.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7501 seconds (0.1#10.140)