BI: CMP disiapkan untuk antisipasi krisis

Senin, 01 Oktober 2012 - 19:38 WIB
BI: CMP disiapkan untuk antisipasi krisis
BI: CMP disiapkan untuk antisipasi krisis
A A A
Sindonews.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution mengungkapkan, selain menyiapkan Crisis Management Protocol (CMP) dan rapat koordinasi secara berkala, dalam Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) juga disepakati bahwa simulasi menghadapi krisis akan dilaksanakan pada akhir November 2012 dan Januari 2013.

Darmin menerangkan, simulasi ini diperlukan agar mekanisme CMP dapat berjalan dengan baik. “Crisis Management Protocol adalah petunjuk yang sangat jelas, tapi belum merupakan jaminan mekanismenya akan berjalan dengan baik, karena itu perlu simulasi agar benar-benar berjalan, tidak hanya bagus di atas kertas,” ungkap Darmin Nasution di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (1/10/2012).

Mengenai latar belakang disiapkannya CMP, Darmin Nasution menambahkan, bukan disiapkan karena Indonesia sedang dalam bahaya krisis ekonomi, tetapi hanya upaya antisipasi bila sewaktu-waktu terjadi krisis. “Tiap negara melakukan hal yang sama, bukan karena sedang dalam keadaan gawat,” imbuhnya.

Sebelumnya, Pemerintah telah menyiapkan Crisis Management Protocol (CMP) dengan nota kesepahaman (MoU) yang melibatkan Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, LPS, dan OJK dalam bentuk Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK).

Nantinya, dalam rapat koordinasi FKSSK, segala perkembangan ekonomi dunia, ekonomi Indonesia, dan unsur-unsur stabilitas keuangan lainnya akan terus dipantau.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3342 seconds (0.1#10.140)