Wamendag: Daya saing RI masih kuat

Selasa, 02 Oktober 2012 - 15:49 WIB
Wamendag: Daya saing RI masih kuat
Wamendag: Daya saing RI masih kuat
A A A
Sindonews.com - Di tengah melemahnya neraca perdagangan Indonesia Januari–Agustus 2012, Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi tetap optimis ekspor Indonesia dapat terus ditingkatkan.

"Melemahnya neraca perdagangan Januari–Agustus 2012 disebabkan oleh penurunan nilai ekspor akibat lemahnya permintaan pasar dunia dan menurunnya harga komoditas di pasar internasional," lugas Bayu di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (2/10/2012).

Beberapa komoditas utama ekspor Indonesia mengalami penurunan harga tetapi volume ekspornya meningkat. Misalnya bahan bakar mineral, kayu, produk kayu, minyak hewani dan nabati.

Walaupun demikian, beberapa produk ekspor non-migas mengalami diversifikasi produk dari bahan baku menjadi barang jadi. Misalnya tekstil, ekspor pakaian jadi meningkat, sementara ekspor serat dan benang turun. Lalu elektronik, ekspor komponen dan bagian turun, sedangkan ekspor alat elektronik naik. Demikian juga ekpor otomotif-komponen otomotif dan coklat-biji kakao.

“Ini indikasi daya saing produk kita masih kuat meski nilai masih dalam tekanan, kondisi ekonomi global yang menyebabkan penurunan nilai ekspor,” jelas Wamendag.

Bayu yakin daya saing Indonesia akan menjadi lebih besar ketika kondisi perekonomian dunia telah kembali normal. “Perubahan-perubahan masih tahap awal, tapi ini indikasi daya saing kita meningkat. Jika pasar global kembali normal kita punya daya saing lebih besar,” simpulnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3174 seconds (0.1#10.140)