Indonesia perlu kembangkan sektor jasa

Rabu, 03 Oktober 2012 - 13:53 WIB
Indonesia perlu kembangkan sektor jasa
Indonesia perlu kembangkan sektor jasa
A A A
Sindonews.com - Bank Pembangunan Asia (ADB/Asian Development Bank) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi negara-negara berkembang di Asia tahun 2012 dan 2013 akan melambat akibat menurunnya permintaan global yang terus berlangsung. Indonesia sendiri pada 2012 dan 2013 diproyeksikan akan tumbuh sebesar 6,3 persen dan 6,6 persen.

Untuk menjaga pertumbuhan ekonominya, maka Indonesia memerlukan pendorong pertumbuhan ekonomi baru di samping sektor-sektor yang selama ini menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. ADB menyebut bahwa sektor jasa berpotensi untuk menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Kita butuh sumber pertumbuhan ekonomi baru, ADB melihat bahwa ternyata sektor jasa dapat menjadi sumber pertumbuhan yang signifikan,” terang Ekonom ADB, Priasto Aji di Kafe Pisa, Jakarta, Rabu (3/10/2012).

Priasto Aji menyebut bahwa produktivitas sektor jasa Indonesia saat ini masih rendah (kurang dari 5 persen) sebab masih didominasi sektor jasa konvensional seperti pedagang kaki lima, perhotelan, dan restoran.

Untuk meningkatkan produktivitas sektor jasa, perlu dikembangkan indutri jasa non-konvensional seperti perbankan atau teknologi informasi yang memiliki nilai tambah tinggi.

Pengembangan sektor jasa, menurut Priasto Aji akan berkorelasi positif dengan sektor lainnya seperti industri manufaktur dan dapat mengurangi angka kemiskinan. Kontribusi sektor jasa yang semakin besar akan mempercepat pemberantasan kemiskinan.

“Sektor jasa bisa mengembangkan sektor lainnya misalnya industri, menyerap banyak tenaga kerja sehingga bisa menekan angka kemiskinan,” simpul Priasto Aji.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7002 seconds (0.1#10.140)