Investasi dan Konsumsi Selamatkan Ekonomi Indonesia

Rabu, 03 Oktober 2012 - 17:26 WIB
Investasi dan Konsumsi Selamatkan Ekonomi Indonesia
Investasi dan Konsumsi Selamatkan Ekonomi Indonesia
A A A
Sindonews.com - Krisis utang yang sedang berlangsung di Eropa, posisi fiskal Amerika Serikat yang berbahaya, pelambatan pertumbuhan ekonomi di China berdampak pada negara-negara berkembang di Asia.

Melemahnya permintaan dari negara-negara industri membuat ekspor negara-negara berkembang di Asia secara umum menurun, tidak terkecuali Indonesia. Namun di tengah ketidakpastian perekonomian global, ekonomi Indonesia tetap tumbuh tinggi.

Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) memproyeksikan tahun ini ekonomi Indonesia tumbuh 6,3 persen dan 6,6 persen pada 2013. Walaupun ekspor Indonesia menurun, investasi dan konsumsi meningkat sehingga mampu menggantikan kontribusi ekspor.

“Ekspor menurun, tapi investasi melonjak sehingga mampu menggantikan kontribusi ekspor, investasi menyumbang sekitar 4 dari pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 6,3 persen, konsumsi juga tinggi,” jelas Ekonom Senior ADB Edimon Ginting di Kafe Pisa, Jakarta, Rabu (3/10/2012).

Edimon Ginting menambahkan bahwa iklim investasi di Indonesia sedang baik. Bahkan berdasarkan data ADB, Indonesia adalah salah satu tujuan investasi terbaik saat ini. Menurut dia, Indonesia dianggap salah satu tempat paling baik untuk investasi, yang hanya kalah dari China, Amerika Serikat, dan India.

Secara umum kondisi ekonomi Indonesia masih akan tetap stabil meski ekspor menurun. “Ketahanan eksternal kita cukup baik, cadangan devisa di Bank Indonesia cukup tinggi, jadi defisit anggaran beberapa bulan ini masih tidak berpengaruh signifikan,” simpul Edimon Ginting.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6803 seconds (0.1#10.140)