JICA siap bantu bangun pusat grosir ikan

Kamis, 04 Oktober 2012 - 09:46 WIB
JICA siap bantu bangun pusat grosir ikan
JICA siap bantu bangun pusat grosir ikan
A A A
Sindonews.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana akan membangun pusat grosir ikan secara terpadu di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman Jakarta.

Direktur Jenderal Perikanan tangkap (DJPT), Heriyanto Marwoto menjelaskan bahwa proyek pembangunan pusat grosir ikan terbesar di Indonesia tersebut akan menggandeng Japan International Cooperation Agency (JICA) dengan skema pinjaman lunak.

“Pihak JICA siap membantu pemerintah dalam pembangunan pusat grosir ikan dan akses sarana jalan ke grosir ikan tersebut,” kata dia dalam rilisnya di Jakarta, Kamis (4/10/2012).

Rencananya, pusat grosir ikan itu akan berdiri di atas lahan seluas 3-4 hektar (ha). Pasar grosir ikan ini mencontoh pasar ikan di Tsukiji, Jepang.

Sementara itu, perwakilan JICA Kohara menambahkan bahwa PPS ini diharapkan mampu menghasilkan produk perikanan secara signifikan sehingga memberikan kontribusi nyata bagi perekonomian Indonesia. Kohara mengatakan, hingga saat ini Indonesia masih menjadi salah satu negara penyuplai ikan terbesar ke Jepang.

Tingginya permintaan produk laut ke Jepang disebabkan ikan merupakan komoditas pangan utama masyarakatnya. Konsumsinya setara dengan 70 persen dari total porsi makan atau 60 kilogram (kg) per orang per tahun.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7460 seconds (0.1#10.140)