TKW Tegal diminati pengusaha Batam

Kamis, 04 Oktober 2012 - 16:18 WIB
TKW Tegal diminati pengusaha Batam
TKW Tegal diminati pengusaha Batam
A A A
Sindonews.com - Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Kota Tegal ternyata menjadi incaran sejumlah perusahaan elektronik di Pulau Batam.

Indikasinya terlihat dari tingginya frekuensi perusahaan Batam yang sering melakukan perekrutan pekerja asal Tegal, dengan melakukan penyeleksian langsung ke daerah tersebut.

Seperti adanya kegiatan seleksi calon TKW Tegal di Aula kantor Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) setempat, Kamis (04/10/2012).

Sebanyak 23 orang calon pekerja mengikuti proses selesksi perekrutan tenaga kerja di salah satu perusahaan asal Batam.

Kepala Dinsosnakertrans Kota Tegal Sumito melalui Bidang Bagian Penempatan Tenaga Kerja Mohamad Jumadi menjelaskan, permintaan tenaga kerja Tegal untuk penempatan di Batam tinggi. Rata-rata hampir setiap tahun permintaan tenaga kerja bisa mencapai ratusan orang.

Tingginya permintaan tenaga kerja lokal ke Batam kerap mengakibatkan dinsosnakertrans kewalahan untuk bisa memenuhi permintaan tersebut. Pasalnya, calon tenaga kerja yang mau bekerja ke Batam tidak sebesar permintaannya.

"Maka tidak heran, setiap kali ada permintaan rata-rata kami hanya bisa memberangkatkan 30 orang tenaga kerja ke Batam," kata Jumadi di sela-sela kegiatan di kantor Dinsosnakertrans Jalan Sipelem, Kota Tegal, Kamis (4/10/2012).

Lanjutnya, permintaan perusahaan Batam sering, bisa satu bulan sekali. Dengan dominasi perusahaan adalah mereka yang bergerak pada perusahaan bidang elektronik.

Bahkan jenis pekerjaan yang ditawarkan pun bukan pekerjaan informal, melainkan formal. Yakni sebagai tenaga operator produksi elektronik. Dengan beragam fasilitas kerja memadai, antara lain upah sesuai upah minimum kota (UMK) di Batam Rp 1,4 juta per bulan.

Fasilitas lain yang nanti diterima pekerja Tegal di Batam adalah tempat tinggal atau mess yang layak. Dengan demikian, selain mereka mendapatkan upah layak, faktor keamanan kerja juga terpantau baik mengingat penjagaan keamanan di mess amat memadai.

Perwakilan perusahaan asal Batam Manajer Operasional PT Nidec Seimitzu H Munthe mengatakan, selama ini pekerja asal Tegal dinilai bagus kinerjanya. Maka tidak mengherankan jika perusahaan gencar melakukan perekrutan. "Bagus catatan kerjanya," ungkapnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6349 seconds (0.1#10.140)