Hatta : Pengelolaan SDA perlu konsep baru

Sabtu, 06 Oktober 2012 - 17:39 WIB
Hatta : Pengelolaan SDA perlu konsep baru
Hatta : Pengelolaan SDA perlu konsep baru
A A A
Sindonews.com - Optimalisasi pengelolaan sumber daya alam (SDA) untuk kemajuan pembangunan berkelanjutan perlu diperhatikan lebih mendalam. Untuk itu, diperlukan pengolahan secara berkesinambungan.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa saat hadir dalam seminar nasional "Sumber Daya Alam untuk Rakyat" di Grand City, Surabaya (6/10/2012).

Hatta menjelaskan, dalam konteks ekonomi daerah, muncul sejumlah pertanyaan kritis terkait pengolahan sumber daya alam. Pertama, apakah kita sudah mengelola SDA secara berkesinambungan. Kedua, apakah pengelolaan SDA sudah berkeadilan.

Lalu ketiga, apakah peran pemerintah daerah sudah memadai, serta seberapa besar masyarakat dapat terakses. Keempat, apakah sudah benar cara kita memberikan SDA kepada kelompok tertentu
yang dikelola secara bertanggungjwab.

"Pada 2015 mendatang, dipastikan sebagian negara bisa memenuhi. Namun sebagian tidak karena ada beberapa faktor internal maupun ekternal. Pertanyaan kritis tersebut harus dijawab karena pengeloalaan SDA kita belum berkesinambungan, perlu konsep baru dalam mengelola SDA," ungkapnya.

Melihat fakta itu, Hatta menambahkan, pengelolaan SDA tidak mungkin diteruskan seperti ini. Pendapatan dari sumber daya tidak terbarukan harus dikembalikan kepada sumber SDA karena bersumber dari SDA.

"Transparansi dibutuhkan agar publik tahu untuk apa sumber itu dikelola dan kemana dananya tersebut," tambah Hatta.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8272 seconds (0.1#10.140)