Chevron kuasai 50 persen saham proyek LNG Kitimat

Selasa, 25 Desember 2012 - 15:37 WIB
Chevron kuasai 50 persen saham proyek LNG Kitimat
Chevron kuasai 50 persen saham proyek LNG Kitimat
A A A
Sindonews - Chevron merambah bisnis gas alam cair di Kanada dengan mengakuisisi 50 persen saham proyek LNG Kitimat yang dilaksanakan EnCana Corp dan EOG Resources Inc.

Meski nilai pembelian saham tidak diungkapkan, Robert Morris, analis dari Citi Research memperkirakan, EnCana dan EOG masing-masing menerima pembayaran saham dari Chevron sebesar USD450 juta.

Kitimat LNG diberikan lisensi untuk melakukan ekspor gas alam oleh Dewan Energi Nasional Kanada pada tahun lalu. Diperkirakan mereka mampu mengekspor 10 juta ton LNG per tahun. Atas proyek tersebut direncanakan Chveron akan mulai melakukan pengiriman gas ke pasar Asia pada 2017.

Para analis menilai, penambahan mitra berkantung tebal itu akan meningkatkan multi-miliar dolar di proyek Kitimat LNG, sebagai wilayah eksplorasi paling canggih. "Dengan melibatkan Chevron rencana pelaksanaan proyek akan berjalan lebih cepat," ujar Analis Capital First Energy, Michael Dunn dilansir dari Reuters.

Sebelumnya, Chevron telah memiliki proyek LNG di berbagai belahan dunia, seperti Australia, Asia, Afrika dan Amerika Selatan. Melalui upaya penambahan operasi di Kanada diharapkan akan menekan harga pasar ekspor dan domestik.

"Investasi ini tumbuh berdasarkan portofolio global yang kami bangun berdasarkan konstruksi, operasi dan kemampuan pemasaran kami," ungkap Vice Chairman Chevron, George Kirkland.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6593 seconds (0.1#10.140)