AS capai kesepakatan hindari jurang fiskal

Selasa, 01 Januari 2013 - 11:14 WIB
AS capai kesepakatan...
AS capai kesepakatan hindari jurang fiskal
A A A
Sindonews.com - Gedung Putih dan panggota parlemen Kongres telah mencapai kesepakatan untuk menghindari jurang fiskal (fiskal cliff), yang akan menunda pemotongan belanja Negara dalam dua bulan.

Dari salah satu sumber disebutkan bahwa Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Pemimpin mayoritas senat Partai Demokrat Harry Reid dan Pemimpin House of Representatives Minority Nancy Pelosi telah menandatangani kesepakatan itu.

Seperti dilansir dari Reuters hari ini, Selasa (1/1/2012), kesepakatan tersebut meliputi keseimbangan pemotongan belanja dan kenaikan pendapatan untuk membayar keterlambatan dalam pemotongan belanja otomatis yang akan berlaku tanpa kesepakatan dengan anggota parlemen.

Sumber tersebut menuturkan, dari pemotongan belanja, sekitar 50 persen akan berasal dari pertahanan dan 50 persen dari wilayah nonpertahanan. Gedung Putih melihat ini sebagai sebuah kemenangan, dan modal guna mengurangi defisit di masa depan.

Sementara itu, Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden melakukan perjalanan ke Capitol Hill untuk membahas kesepakatan. Sebelumnya, para pembuat kebijakan di parlemen AS terus bekerja untuk membuat undang-undang (UU) perpajakan baru. UU ini menjadi perdebatan alot antara pemerintah dan oposisi di parlemen AS.

Dalam UU tersebut, DPR AS harus menyetujui kebijakan fiskal baru berupa kenaikan pajak bagi rumah tangga kaya, sekaligus melakukan pemotongan belanja negara guna menghindari defisit anggaran berkepanjangan. Karen itu, para senator berupaya melakukan kompromi sebelum 1 Januari 2013 guna mencegah masuknya kembali AS ke jurang resesi.

Sementara, para analis juga sempat mengatakan tanpa kompromi, sejumlah langkah penghematan bernilai USD500 miliar akan mendorong ekonomi Amerika kembali masuk ke jurang resesi.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0963 seconds (0.1#10.140)