Pertahankan ekonomi nasional perlu kebijakan prudent

Rabu, 02 Januari 2013 - 10:51 WIB
Pertahankan ekonomi nasional perlu kebijakan prudent
Pertahankan ekonomi nasional perlu kebijakan prudent
A A A
Sindonews.com - Untuk menjaga solidnya pertahanan ekonomi nasional diperlukan kebijakan ekonomi yang prudent sekaligus konsisten.

Demikian disampaikan Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono dalam paparannya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (2/1/2012).

"Prudent policy adalah kuncinya. Sewaktu-waktu bisa kita longgarkan bisa kita ketatkan," terang Boediono dalam kesempatan tersebut.

Sementara, pada tahun 2013, bila konsistensi menjalankan kebijakan ekonomi secara prudent tetap dijalankan, maka tak menutup kemungkinan ekonomi nasional akan mampu bertahan mengahadapi badai krisis yang mungkin mendera.

"Saya kira kedepan pun prudent policy yang akan menjadi pegangan kita, dan itu sudah dibuktikan. Ini sebenarnya sudah menjadi cultur kebijakan kita, kita memang yakin bahwa mengelola makro secara prudent adalah yang terbaik," simpul dia.

Disamping itu, dia juga mengingatkan pentingnya menata makro ekonomi sebuah negara guna menjaga kestabilan politik. "Dalam situasi krisis (ekonomi), sistem politik itu under stairs," ujar Boediono.

Untuk itu, menurut dia, perlu ada sinergi yang baik antara pelaku usaha dan industri keuangan serta pemerintah dalam menjaga kestabilan ekonomi di Tanah Air. "Kita perlu bersama-sama antara pemerintah dan pelaku usaha," tegasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4035 seconds (0.1#10.140)