Pemerintah dorong KKKS tingkatkan TKDN

Minggu, 13 Januari 2013 - 14:11 WIB
Pemerintah dorong KKKS tingkatkan TKDN
Pemerintah dorong KKKS tingkatkan TKDN
A A A
Sindonews.com - Pemerintah menegaskan investasi di wilayah kerja (WK) eksplorasi merupakan biaya yang masih menjadi beban kontraktor sampai kegiatan eksplorasi tersebut dapat dikembangkan untuk diproduksikan secara komersial.

“Kami meminta kontraktor KKS segera melaksanakan rencana kerja yang telah disetujui, sehingga target produksi dan penerimaan negara dapat tercapai,” kata Menteri ESDM yang sekaligus Kepala SK Migas, Jero Wacik dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (13/1/2013).

Dia mengatakan, pihaknya mendorong kontraktor mengutamakan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) dan pemanfaatan tenaga kerja nasional.

Menurutnya, investasi yang dibelanjakan di dalam negeri pada akhirnya dapat memberikan efek berganda bagi perekonomian nasional. “Sekaligus menunjukkan keberpihakan kepada pengusaha nasional,” katanya.

Di sisi lain, pemanfaatan tenaga kerja nasional akan membuka lapangan kerja. Tahun ini, diperkirakan terdapat tambahan tenaga kerja nasional sekitar 3.700 orang sebagai pekerja langsung di kontraktor KKS. Jumlah penambahan tenaga kerja akan lebih banyak bila memperhitungkan tenaga kontrak yang diperkirakan sebanyak 3.000 orang.

“Terlepas dari semua itu, kontraktor harus efisien dalam berinvestasi. Jangan boros. Lakukan berbagai terobosan di lapangan,” kata Jero.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6506 seconds (0.1#10.140)