Kadin dorong kontribusi agribisnis

Kamis, 17 Januari 2013 - 18:12 WIB
Kadin dorong kontribusi agribisnis
Kadin dorong kontribusi agribisnis
A A A
Sindonews.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai, saat ini penting menekan inefisiensi dan meningkatkan daya saing serta memacu berkembangnya industri hilir di bidang Agribisnis, Pangan dan Peternakan.

Hal tersebut agar mampu mendorong kontribusi sektor agribisnis dalam mencapai target pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 6,5-6,7 persen pada 2013.

Menurut Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Makanan dan Peternakan, Juan Permata Adoe, industri makanan dan minuman memiliki potensi yang besar tetap tumbuh. Apalagi, masih banyak bahan baku dari pertanian yang belum diolah.

Meski demikian, kata Juan, pemerintah perlu memetakan industri-industri prioritas serta memperhatikan percepatan ketersediaan lahan untuk pertanian, perkebunan, dan peternakan.

"Saat ini Kadin tengah mendorong adanya dukungan inovasi teknologi tepat guna, dukungan distribusi dan pemasaran, hingga fasilitas pembiayaan dan perbaikan regulasi untuk sektor pertanian," katanya dalam keterangan tertulis kepada Sindonews, Kamis (17/1/2013).

Pengamat ekonomi, Aviliani mengatakan, yang diperlukan saat ini adalah pola-pola insentif. Misalnya, subsidi dan asuransi. “Ini harus diperhatikan kalau dilepas sepertinya tidak mungkin. Selain itu. yang tak kalah penting adalah menstabilkan harga pangan,” kata Aviliani.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8638 seconds (0.1#10.140)