Bencana banjir untungkan emiten sektor konsumsi

Sabtu, 19 Januari 2013 - 17:56 WIB
Bencana banjir untungkan emiten sektor konsumsi
Bencana banjir untungkan emiten sektor konsumsi
A A A
Sindonews.com - PT Samuel Sekuritas menilai dengan adanya bencana banjir, setidaknya sektor consumer akan diuntungkan. Karena pertimbangan masyarakat yang terkena banjir cenderung meningkatkan kebutuhan makanan mereka untuk persediaan selama bencana masih berlangsung.

"Secara kasat mata dengan bencana banjir ini kan masyarakat cenderung akan menyimpan makanannya, seperti mie instant, artinya sektor saham ini akan mengalami keuntungan," ujar Manager Head Of Equity Research Samuel Sekuritas, Adrianus Bias di Gedung BEI Jakarta, Sabtu (19/1/2013).

Namun, dirinya menegaskan agar investor tidak terlena. Pasalnya, bila bencana terjadi berkepanjangan, bukan tidak mungkin sektor konsumsi akan tetap bisa bertahan dengan baik.

"Kendati begitu tetap harus dilihat seberapa lama juga bencana tersebut terjadi. Jadi harus tetap waspada," imbuhnya.

Diketahui, Banjir besar yang melanda Jakarta berimbas pula ke Bursa Efek Indonesia (BEI). Transaksi harian BEI menyusut menjadi Rp3,89 triliun dari rata-rata sebesar Rp4,5 triliun.

Meski bencana banjir bisa memberi sentimen negatif, tapi tetap membuka peluang meraup untung dalam jangka pendek di bursa saham. Para analis menyebut, saham emiten sektor farmasi, rumah sakit dan barang konsumsi, layak dilirik.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7370 seconds (0.1#10.140)