Banjir rugikan sektor asuransi, logistik dan semen

Sabtu, 19 Januari 2013 - 18:02 WIB
Banjir rugikan sektor asuransi, logistik dan semen
Banjir rugikan sektor asuransi, logistik dan semen
A A A
Sindonews.com - Dengan adanya bencana banjir yang menghantam DKI Jakarta, dipandang kalangan pengamat dapat mempengaruhi nilai saham sektor asuransi dan beberapa sektor lain seperti logistik dan semen.

"Asuransi menjadi salah satu sub sektor yang terkena dampak negatif, karena permintaan klaim," terang Manager Head Of Equity Research Samuel Sekuritas, Adrianus Bias di Gedung BEI Jakarta, Sabtu (19/1/2013).

Dirinya juga menerangkan, bencana banjir berpotensi menyebabkan sektor logistik dan semen mengalami penurunan penjualan. "Jelas karena terganggunya distribusi akibat banjir," pungkas dia.

Sementara Chief Economist Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih menilai, selain sektor di atas, bencana banjir berpotensi menimbulkan kerugian akibat terganggunya musim tanam.

Bahkan, kata dia, dari pengalaman sebelumnya, kerugian yang ditimbulkan bisa mencapai Rp2 triliun. "Banjirnya kalau berkepanjangan musim tanam bisa mundur, berdasarkan pengalaman risiko nominal tehitung Rp2,2 triliun saat banjir sebelumnya. Hal tersebut tentunya memberikan efek cukup lumayan besar," tutup dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5879 seconds (0.1#10.140)