Defisit anggaran pemerintah Inggris melonjak

Selasa, 22 Januari 2013 - 18:17 WIB
Defisit anggaran pemerintah Inggris melonjak
Defisit anggaran pemerintah Inggris melonjak
A A A
Sindonews.com - Defisit anggaran pemerintah Inggris naik di penghujung 2012 seiring melonjaknya belanja pemerintah dan melambatnya pertumbuhan pendapatan pajak di tengah rapuhnya pemulihan ekonomi Inggris.

Kekurangan pendanaan pemerintah mencapai 15,4 miliar poundsterling, lebih buruk dari publikasi tahun lalu, sebesar 14,8 miliar poundsterling. Belanja pemerintah naik 5,4 persen, sedangkan pendapatan hanya naik 3,6 persen.

Pengeluaran didorong oleh kenaikan sebesar 6,5 persen dalam pengeluaran kementerian dan lembaga (K/L) bulan lalu. Selain itu, biaya kesejahteraan meningkat 3,3 persen. Sementara investasi bersih sedikit berubah sebesar 2,4 miliar poundsterling.

"Posisi fiskal kemungkinan akan melayang jauh tentunya sebagai veers Inggris menuju resesi triple-drip," kata ekonom Berenberg Bank di London yang juga mantan pejabat Bank Sentral Inggris, Rob Wood dikutip dari Bloomberg, Selasa (23/1/2013).

Memburuknya defisit anggaran tentunya mengaskan kesulitan yang dihadapi oleh menteri keuangan, Osborne untuk memangkas defisit ke tingkat yang sehat pada 2015.

Tiga lembaga rating utama dunia, yakni S&P, Moody's, dan Fitch telah memperingatkan Inggris bisa kehilangan peringkat kredit AAA-nya. Investor juga terlihat meminta imbal hasil yang lebih tinggi untuk memegang obligasi pemerintah di tengah rapuhnya pemulihan ekonomi.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6007 seconds (0.1#10.140)