Said Didu : Pegadaian lebih baik IPO

Sabtu, 26 Januari 2013 - 16:40 WIB
Said Didu : Pegadaian...
Said Didu : Pegadaian lebih baik IPO
A A A
Sindonews.com - Meski PT Pegadaian dinilai bisa tumbuh tanpa mencari tambahan modal melalui skema pelepasan saham ke publik (initial public offering/IPO), namun badan usaha milik negara (BUMN) jasa gadai ini dinilai akan lebih baik jika bisa menjadi perusahaan publik.

"Kalau dikatakan lebih baik, maka sebaiknya Pegadaian melakukan IPO," ujar Pengamat BUMN dan Sekretaris Menteri BUMN periode 2005-2010, Said Didu saat dihubungi, kemarin.

Kendati demikian, menurut Said, perlu dipertimbangkan agar investor yang membeli saham perdana perseroan adalah investor domestik. Pasalnya, kata Said, sektor usaha yang dilakoni perseroan sangat erat kaitannya dengan kepentingan rakyat menengah ke bawah.

"Sebaiknya investornya dari dalam negeri saja semua karena Pegadaian ini menyangkut nasib rakyat kecil," tegas Said Didu.

Seperti diketahui, Pegadaian pada tahun ini kembali mendapat penolakkan dari Komite Privatisasi untuk menjadi perusahaan publik.

Pada tahun lalu, Pegadaian sempat diajukan dua kali oleh pemegang saham untuk bisa IPO, namun usulan tersebut ditolak lantaran dikhawatirkan lebih berorientasi mencari laba dibanding membantu nasabah yang membutuhkan. Padahal Pegadaian sudah menekankan komitemennya akan tetap menjaga suku bunganya tidak tinggi pasca IPO.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0885 seconds (0.1#10.140)