Perekonomian China terancam kekurangan tenaga kerja

Rabu, 30 Januari 2013 - 11:57 WIB
Perekonomian China terancam kekurangan tenaga kerja
Perekonomian China terancam kekurangan tenaga kerja
A A A
Sindonews.com - Bom waktu demografis China berdetak lebih keras terkait ancaman penurunan jumlah tenaga kerja pada beberapa dekade mendatang. Para analis menilai, kondisi ini akan memengaruhi pertumbuhan ekonomi China, "negara akan tumbuh lebih tua sebelum menjadi kaya".

Konsekuensi kebijakan satu anak untuk penduduk China sejak 1970 akan memengaruhi pertumbuhan SDM potensial di masa depan. Data resmi menunjukkan, usia kerja penduduk China didefinisikan antara 15-59 tahun, turun 3,45 juta pada 2012. Ini menjadi penurunan pertama sejak 1963, setelah puluhan juta orang meninggal akibat kelaparan.

Dilansir Channel News Asia, Rabu (30/1/2013), sejumlah analis melihat, efek langsung mungkin kecil di negara berpenduduk 1,35 miliar jiwa itu, tetapi efek kumulatif akan lebih cepat dalam beberapa dekade mendatang.

Wang Guangzhou, seorang peneliti dari Chinese Academy of Social Sciences (CASS) mengungkapkan, jumlah orang berusia antara 15-64 akan berada di angka 40 juta jiwa pada 2014-2030, lebih banyak dari jumlah penduduk Polandia.

Sementara peneliti CASS lainnya, Lin Jun mengatakan, program keluarga berencana telah memperburuk masalah. "Populasi terjadi penuaan lebih cepat, sehingga pertumbuhan ekonomi akan berjalan singkat," ujar Li Jun.

Proporsi penduduk China di atas 65 tahun diproyeksikan tumbuh dua kali lipat antara 7-14 persen selama 26 tahun.

"Tidak diragukan lagi secara substansial akan memperlambat laju pertumbuhan potensial China," kata Yao Wei, ekonom Societe Generale di Hong Kong.

Di pihak lain, pemerintah China mengklaim pertumbuhan penduduk telah mengendalikan kunci peningkatan kemakmuran. China kini menjadi ekonomi terbesar kedua di dunia. Namun per kapita, mereka masih jauh tertinggal dari Amerika Serikat dan negara-negara maju lainnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8544 seconds (0.1#10.140)