India lepas 10 persen saham perusahaan minyak

Sabtu, 02 Februari 2013 - 16:53 WIB
India lepas 10 persen saham perusahaan minyak
India lepas 10 persen saham perusahaan minyak
A A A
Sindonews.com - Pemerintah India dilaporkan akan melepas 10 persen saham perusahaan minyak negara, Oil India, kepada sejumlah investor. Langkah tersebut dilakukan untuk memotong pertumbuhan defisit sebesar USD600 juta dolar.

Dilansir Global Post dari kantor berita India, Sabtu (2/2/2013), dalam kongres yang dipimpin Perdana Menteri, Manmohan Singh, disebutkan penjualan sangat diperlukan untuk meningkatkan modal dari privatisasi dan mengatasi ancaman defisit melebihi 5,3 persen dari produk domestik bruto (PDB) pada tahun fiskal 2013.

Seorang pejabat pemerintah yang tidak mau disebutkan namanya mengaku telah menerima banyak tawaran dari investor lebih dari dua kali ukuran penawaran saham sebesar USD585 juta. Penawaran tersebut datang dari investor asing, reksadana dan investor ritel. "Sudah tersusun investor dari seluruh sektor," kata pejabat itu.

Penjualan dilakukan didukung pangsa pasar domestik yang sedang booming dan deregulasi parsial pemerintah dari sektor energi yang memungkinkan harga jadi lebih tinggi.

Pemerintah telah menaikkan 69 miliar rupee (USD1,25 miliar) dari privatisasi - masih jauh dari target 3.000 miliar rupee pada tahun keuangan hingga Maret 2013. Mereka juga memiliki serangkaian aksi jual yang direncanakan selama dua bulan terakhir, termasuk membuang saham Otoritas Baja India.

Langkah pemotongan defisit sangat penting bagi pemerintah India sejak lembaga pemeringkat dunia mengurangi outlook India menjadi "negatif", yang membahayakan status investasi-grade negara.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0885 seconds (0.1#10.140)